Gambar Gelar PkM di Luwu Utara, Prodi Biologi FST Dorong Minat Belajar Siswa Terhadap Dunia Sains

Gelar PkM di Luwu Utara, Prodi Biologi FST Dorong Minat Belajar Siswa Terhadap Dunia Sains

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Biologi melaksanakan Pengabdian kepada Masayarakat (PkM) di Kabupaten Luwu Utara, Sabtu 11 Februari 2023. 

PkM ini digelar di dua sekolah yakni SMA 8 Luwu Utara dan SMA 10 Luwu Utara, 

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari wujud implementasi Tri Dharma Perguran Tinggi yang digagas oleh Prodi Biologi. 

Kegiatan PkM ini menyasar remaja usia 15-17 tahun yang menempuh pendidikan di bangku sekolah menengah atas.

Menurut ketua panitia, Eka Sukmawaty M Si, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong siswa untuk melihat sisi lain dari ilmu biologi yang memiliki banyak manfaat dan menarik untuk dipahami.

“Kami berharap kegiatan yang berlangsung di Masamba ini betul-betul menyentuh kalangan pelajar, makanya kegiatannya dikemas secara menarik dan variatif supaya siswa tertarik mempelajari lebih jauh tentang ilmu biologi,” ungkapnya.

Tim Pengabdi dibagi menjadi dua kelompok pada masing-masing sekolah. Kegiatan dilaksanakan beragam dan diharapkan dapat mensitumulus siswa untuk menyukai dunia biologi yang begitu kompleks.

Kegiatan yang berlangsung di SMA 8 Luwu Utara berupa pengenalan kromosom dan pemanfaatan Dengen (Dillenia Serrata) yang merupakan tumbuhan endemik Indonesia. 

Kegiatan ini pun disambut baik oleh siswa dari masing-masing sekolah. Asmia misalnya mengungkapkan kebahagiaan dan antusiasmenya atas kedatangan tim pengabdi dari Prodi Biologi.

“Senang sekali. Kami mendapat pengetahuan lebih, seru juga caranya mengajar karena langsung-ki praktek jadi tidak dihayalkanji saja. Tidak bosan-ki. Tidak dirasa ternyata jam pulangmi, semoga nanti bisa bikin acara begini lagi di,” ungkap siswa kelas X dari SMA 10 Luwu Utara itu.

Previous Post Biro AAKK UIN Alauddin dan Disnakertrans Sulsel Teken PKS, Kolaborasi Cetak Mahasiswa Siap Kerja
Next Post PSGA UIN Alauddin Makassar Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender Peringkat Madya