Gambar Gaungkan Perdamaian, Mahasiswa HI FUF Ikuti Pelatihan Kampanye Narasi Perdamaian YPMIC

Gaungkan Perdamaian, Mahasiswa HI FUF Ikuti Pelatihan Kampanye Narasi Perdamaian YPMIC

UIN Alauddin Online- 2 Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengikuti Pelatihan Kampanye Narasi Perdamaian dan Kunjungan Rumah Ibadah.

Pelatihan tersebut dilaksanakan mulai dari 01-04 Mei 2024, berlangsung di Aula Kantor Kemenag Sulawesi Selatan. Pelatihan ini bertajuk "Peran Pemuda dalam Meningkatkan Kesadaran Toleransi Beragama Melalui Kampanye Narasi Perdamaian Online".

Yuliana (Mahasiswa HI angkatan 2020) dan Achmad baidhanu mulqi putra  (Mahasiswa HI angkatan 2022) mengikuti kegiatan ini dalam rangka untuk memperkuat pemahaman terkait moderasi dan toleransi.

Yuliana mengungkapkan bahwa kegiatan ini sudah seharusnya menjadi ruang dialog bagi kaum muda dari berbagai agama,

"Agar bisa membentuk kesadaran dengan lebih mengedepankan sikap saling memahami atau sebut saja 'bertanya tanpa bertanya' atau tidak menghakimi, sehingga narasi perdamaian tidak hanya sampai pada level pengetahuan tapi juga implementasi dalam keseharian," tuturnya.

Adapun Achmad baidhanu mulqi putra, pada kesempatan tersebut menegaskan bahwa sebagai mahasiswa HI kegiatan ini merupakan wadah dalam belajar,

"Mengingat dalam kajian hubungan internasional terdapat kompleksitas pada politik internasional yang semakin sulit untuk diprediksi oleh karena itu narasi perdamaian harus dan perlu untuk digaungkan secara global," tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa sebagai kaum muda dan sekaligus aktor utama dalam pemuda harus mengambil peran sentral dalam menyebarkan narasi perdamaian,

"Perdamaian perlu digaungkan secara global dan pemuda(i) harus sadar akan perdamaian sebagai aktor utama harus lebih aktif mengkampanyekan sikap yang toleran dan mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan untuk perdamaian," tutupnya.

Previous Post Mahasiswa Keperawatan 2023 Adakan Baksos Sebagai Aktualisasi Pengabdian Masyarakat
Next Post Aktualisasi Teori, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Lakukan Kunjungan ke Prokopim Kota Makassa