Gambar FST Kembangkan Budidaya Peternakan

FST Kembangkan Budidaya Peternakan

UIN Online - Telah banyak kerjasama yang dilakukan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar. Paling gress kerja sama fakultas sains dan teknologi (FST) dengan Fakultas Peternakan Unhas dan dinas peternakan Takalar.

Kerja sama apakah itu? Jurusan Peternakan FST UIN Alauddin saat ini tengah mengembangkan dan membuat laboratorium peternakan. Lokasinya di daerah Bili- bili, Gowa.

"Kita tengah mengembangkan sumber daya manusia di bidang peternakan dari alumni peternkan UIN. Sekaligus juga menunjang kemandirian kampus UIN Alauddin dengan usaha peternakan," kata Pembantu Dekan II Bidang Administrasi FST UIN, Drs M Arif Alim Mag.

Lebih jauh, M Arif yang ditemui UIN Online di ruang kerjanya, Kamis (07/10/2010) menjelaskan usaha yang dikembangkan adalah ayam petelur, penggemukan sapi, dan ayam potong.

Sekitar 20 hektar tanah milik dosen luar biasa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) UIN Dr Hasan Hasyim akan digunakan sebagai pengembangan laboratorium.

"Pemakaian lahan tersebut dengan status hak guna pakai. Pemiliknya tidak memberikan syarat apa-apa, beliau hanya mengatakan pakai saja kalau mau digunakan," kata Arif.

Sabtu, 9 Oktober 2010 mendatang, tim kerja sama UIN Alauddin dan pemilik lahan --yang pernah menjabat sebagai anggota DPR, akan berkunjung dan melihat lokasi yang akan dijadikan tempat Peternakan UIN.

Menurut Arif, dibutuhkan dana sekitar Rp 500 juta rupiah untuk membangun kandang-kandang, pembelian bibit, dan pakan ternak. "Butuh waktu paling cepat tiga bulan untuk pembangunan laboratorium peternakan, mungkin tahun depan baru bisa dinikmati," terangnya. (*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2