Gambar ELITE JOURNAL Kolaborasi Internasional Office UIN Alauddin Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

ELITE JOURNAL Kolaborasi Internasional Office UIN Alauddin Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

UIN Online - Elite Journal di bawah naungan Prodi Bahasa dan Sastra Inggris (BSI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar menggelar Workshop karya tulis ilmiah secara online yang mengangkat tema “Academic Writing: Pattern and Structure”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Elite Journal BSI dengan International Office UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda utama dari International Office dengan Australian Volunteer Program menyelenggarakan seminar atau workshop sekali dalam sepekan selama volunteer tersebut ditempatkan dan bekerja di kampus UIN Alauddin Makassar.

 

Dalam sambutannya, Dr. Hasyim Haddade, M.Ag., dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar menyampaikan pentingnya workshop kepenulisan ini baik bagi mahasiswa maupun dosen. Teknik menyusun karya tulis ilmiah sangat perlu dipahami oleh mahasiswa khususnya dalam menyusun tugas akhir dan skripsi. Begitu pula dengan dosen, mereka harus paham teknik tersebut agar hasil laporan penelitian yang mereka buat dapat diterbitkan pada jurnal internasional yang bereputasi. Disamping itu, beliau juga sangat mengapresiasi adanya kegiatan workshop seperti ini untuk terus menggugah semangat dan kontribusi para akademisi terhadap pengembangan ranah ilmu pengetahuan.
 

Kegiatan workshop oleh Elite Journal BSI bekerjasama dengan International Office UIN Alauddin Makassar pekan pertama ini menghadirkan seorang volunteer dari negeri Kanguru, yaitu James Pilbrow, M.A (Australian Volunteer Program) Dalam membawakan materi, James menjelaskan pentingnya memperhatikan bentuk dan struktur kalimat dalam menyusun karya tulis ilmiah termasuk menentukan ide utama dan kalimat penjelas dalam sebuah paragraf. Tenses atau bentuk pola kalimat yang menunjukkan waktu terjadinya sesuatu juga menjadi perhatian James dalam menyusun abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan penelitian serta kesimpulan yang merupakan bagian pokok dalam sebuah karya tulis ilmiah.

 

Hal yang menarik dari workshop ini karena dalam memaparkan materi James yang juga alumni University of Melbourne langsung melakukan diskusi dan dialog interaktif bersama para peserta tanpa menunggu sesi tanya jawab, sehingga terlihat para peserta sangat aktif dalam menanggapi penjelasan dan pertanyaan dari pemateri. Acara yang dipandu oleh Nasrum, S.Pd, M.A ini dihadiri oleh Lebih dari 100 peserta.
 

Kegiatan ini juga menjadi bentuk sosialisasi International Office UIN Alauddin Makassar yang diketuai oleh Muhaemin Latif, Ph.D kepada para sivitas akademik kampus Peradaban dengan adanya Australian Volunteer Program yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu wadah untuk transformasi ilmu dan pengalaman selama relawan tersebut bertugas di kampus ini. Panitia, yang diketuai oleh Dr. Rosmah Tami, M.Sc, M.A yang juga Editor in Chief Elite Journal berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk lebih memperdalam pemahaman para mahasiswa dan dosen dalam menyusun karya tulis ilmiah.

Previous Post UKM UIN Alauddin Terima Bantuan Penguatan Kearifan Lokal dari Kemensos RI
Next Post Kontrak Diteken, Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan UIN Alauddin Segera Dilanjutkan