Gambar Dua Mahasiswa Magang MBKM SPI UIN Alauddin Jadi Pemandu Tamu Prancis di Museum Karaeng Pattingalloan

Dua Mahasiswa Magang MBKM SPI UIN Alauddin Jadi Pemandu Tamu Prancis di Museum Karaeng Pattingalloan

IN Alauddin Online - Dua Mahasiswa Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Studi (Prodi) Sejarah Peradaban Islam (SPI), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar di Museum Karaeng Pattingalloang, Makassar menyambut kedatangan tamu dari Prancis pada Selasa, 26 Maret 2024.

Dua mahasiswa tersebut diantaranya Abd Rahman dan Andi Baustat. Tidak hanya berperan sebagai pemandu wisata, tetapi mereka juga berbagi pengetahuan mendalam tentang sejarah dan budaya lokal, khususnya sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang menjadi fokus koleksi di Museum Karaeng Pattingalloang.

Mereka menjelaskan kepada turis tersebut tentang artefak-artefak bersejarah, tradisi lokal, serta kekayaan budaya Makassar.

Tidak hanya itu, kedua mahasiswa juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari  wisatawan dengan baik dan memberikan informasi tambahan yang berguna untuk memperkaya pengalaman kunjungan mereka.  

Program Magang tersebut memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa SPI untuk mengasah keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan pengetahuan mereka dalam konteks praktis di lapangan.

"Ini juga menunjukkan pentingnya kolaborasi antara pendidikan tinggi dan sektor pariwisata dalam mempromosikan dan melestarikan warisan budaya lokal," kata Abd Rahman.

Kunjungan ini harap dia, dapat menjadi langkah awal yang baik dalam membangun hubungan yang lebih erat antara Museum Karaeng Pattingalloang dan komunitas internasional.

Selain itu juga untuk membantu meningkatkan pemahaman global tentang kekayaan budaya Indonesia, khususnya sejarah peradaban Islam di wilayah Makassar.

Previous Post 14 Dokter Muda Jebolan UIN Alauddin Makassar Diambil Sumpahnya
Next Post Kebijakan Rektor, Hanya 31 Mahasiswa FEBI UIN Makassar Diwisuda