Gambar Dosen UIN Pelatihan Instrumen Penelitian

Dosen UIN Pelatihan Instrumen Penelitian

UIN Online - Sebanyak 50 dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengikuti pelatihan instrumem penelitian. Pelatihan berlangsung selama dua hari, 13 - 14 Nopember 2010 di gedung rektorat lantai satu di kampus II Samata, Gowa.

Panitia pelaksana Irwan SSi MSi mengatakan, pelatihan instrumen penelitian sangat penting dalam penelitian. "Instrumen penelitian yang baik akan menghasilkan penelitian yang berkualitas."

Sebaliknya kata Irwan, jika instrumen penelitian tidak baik serta tidak mengikuti metode dan prosedur yang tepat, maka akan menghasilkan kesimpulan yang salah.

Dikemukakan pula dalam menyusun instrumen penelitian, seorang peneliti harus menyesuaikan instrumen atau alat pengumpul data dengan data yang ingin dijaring. Disinilah pentingnya pelatihan ini dilaksanakan, ujar Irwan.

Selama dua hari peserta pelatihan menerima materi instrumen penelitian kualitatif dan kuantitatif. Selain materi teoritis, peserta juga melakukan praktek, khususnya dalam menyusun instrumen penelitian.

Salah seorang dosen yang mengikuti pelatihan, Drs Hading MAg menilai pelatihan instrumen penelitian ini sangat bagus, karena selain diberi materi berupa teori, narasumber juga memberi proporsi waktu praktek yang banyak.

Hading yang mewakili dosen fakultas tarbiyah dan keguruan pada pelatihan ini berharap agar pelatihan serupa tetap dilaksanakan dimasa-masa mendatang. Malah, Hading mengusulkan, kedepan jika memungkinkan, pelatihan ini lebih mendalam lagi dan durasi waktunya lebih lama.

Rektor UIN Prof Dr Azhar Arsyad MA saat membuka pelatihan, Sabtu (13/11/2010) mengatakan pentingnya bagi seorang dosen untuk meneliti. "Tugas seorang dosen, selain mengajar serta melakukan pengabdian kepada masyarakat, tugas pokok lainnya adalah meneliti."

Rektor dua periode ini menaruh harapan kepada para dosen UIN agar terus meneliti serta berkompetisi untuk memperoleh penelitian hibah bersaing. Selain itu, menghimbau para dosen agar menghasilkan penelitian bermutu serta berkualitas.

Tampil sebagai narasumber pada pelatihan instrumen penelitian, masing-masing Dr. Muh. Darwis M MPd, Dr A Agustang MSi dan Dr Ruslan MPd.
Previous Post Indosat Ooredoo Gelar Audiensi di UIN Alauddin Makassar Bahas IM3 Corner untuk Kewirausahaan Mahasis
Next Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran