Gambar Dosen FTK Raih Doktor Administrasi Publik

Dosen FTK Raih Doktor Administrasi Publik

UIN Online – Arifuddin Siraj kelahiran 12 Oktober 1953 di Watampone, Kabupaten Bone, Sulsel, adalah dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Selain sebagai dosen, ia juga menjabat sebagai wakil Kordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) wilayah VIII, meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua.

Dr Arifuddin Siraj MPd dalam karirnya, pernah menjabat sebagai wakil sekretaris Pendidikan Agama Islam (PAI), Ketua jurusan PAI, Ketua Jurusan Kependidikan Islam serta pernah menjabat pembatu dekan bidang kemahasiswaan pada Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin (kini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).

Dr Arifuddin menulis disertasi dengan judul Efektifitas Organisasi dalam Peningkatan Mutu Akademik pada Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Dalam disertasinya, Arifuddin mengungkap struktur organisasi yang ada dilingkup UIN Alauddin Makassar.

“Mengapa memilih UIN Alauddin, karena merupakan satu-satunya perguruan tinggi agama Islam dikawasan Indonesia timur yang berkembang pesat dibawah kepeminpinan Prof Azhar Arsyad,” kata promovendus, saat mempresentasikan disertasinya dihadapan para penguji.

Dalam menulis disertasinya, Dr Arifuddin dipromotori oleh Prof Dr Makmur MSi serta ko promotor masing-masing Prof Dr Alimuddin Mahmud MPd, dan Dr Isa Syamsu MPd, berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan para tim penguji, Sabtu (20/11/2010) di gedung rektorat lantai tiga Kampus UNM Gunungsari, Makassar.

Menurut Promovendus, dalam organisasi ada yang menganggap abstrak. Akan tetapi, kata Arifuddin 'Organisasi itu kongkrit dan berpengaruh pada perilaku setiap orang dan kelompok pada setiap bagian dari satu organisasi."

Promovendus dalam perjalanan pendidikannya menempuh program doktor, dihabiskan selama lima tahun. Sejak tahun 2005 ia mendaftar sebagai mahasiswa program pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada program studi Administrasi Publik.

Dr Arifuddin Siraj MPd berhasil mempertahankan disertasinya serta mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,61 dengan predikat sangat memuaskan.

Pada ujian promosi Dr Arifuddin, hadir Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Dr Azhar Arsyad MA, pembantu rektor bidang kemahasiswaan, Dr Salehuddin Yasin MAg, pembantu rektor dalam bidang kerjasama Prof Dr Kamaruddin Amin MA, serta para koleganya, dosen fakultas tarbiyah dan keguruan dimana Arifuddin mengabdi.
Previous Post Indosat Ooredoo Gelar Audiensi di UIN Alauddin Makassar Bahas IM3 Corner untuk Kewirausahaan Mahasis
Next Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran