Gambar Cerita Mahasiswi UIN Makassar Magang di KSPPS Bakti Huria Syariah

Cerita Mahasiswi UIN Makassar Magang di KSPPS Bakti Huria Syariah

UIN Alauddin Online - Hasmayanti Aprilia dan Husnul Fadilah, keduanya merupkan mahasiswa Prodi Ekonomi Islam yang sedang melaksanakan magang implementansi MBKM di Kantor Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bakti Huria Syariah.

Hasmayanti Aprilia bercerita tentang perusahaan tersebut, ia mengatakan bahwa KSPPS Bakti Huria Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan untuk pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dengan konsep syariah dan memfasilitasi pembiayaan khusus Pegawai Negeri Sipil (ASN). 

Selain itu, kata dia, KSPPS Bakti Huria Syariah juga memiliki fasilitas pembiayaan murah dengan angsuran harian untuk mendukung kemajuan usaha mikro.

“Setelah kami dipindahkan ke departemen Pembiayaan Pusat, kami segera melaksanakan tugas yang diberikan kepada kami. Salah satu tanggung jawab kami adalah melakukan pemeriksaan terhadap nama-nama nasabah yang terdaftar di KSPPS Bakti Huria Syariah,” katanya.

Di tempat yang ditugaskan, Hasmayanti memastikan bahwa setiap data nasabah terverifikasi dengan benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Selain itu, kami juga bertanggung jawab untuk menghapus error code pada data setiap nasabah. Kami melakukan analisis mendalam untuk menemukan dan mengatasi setiap kesalahan yang mungkin terjadi dalam sistem,” bebernya.

Hal ini bertujuan untuk memastikan integritas data dan keakuratan informasi yang diperlukan dalam proses pembiayaan.

Selanjutnya, ia juga mengganti nama file formulir setiap nasabah sesuai dengan nomor referensi masing-masing. Hal ini dilakukan agar memudahkan pengelolaan dan pencarian data nasabah di masa yang akan datang. 

“Dengan melakukan langkah-langkah ini, kami berharap dapat meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam proses administrasi di departemen Pembiayaan Pusat,” pungkasnya.

Previous Post Seminar Hypnoteaching HMJ MPI Angkat Tema Guru Cerdas Siswa Berkualitas
Next Post Melalui Falak Fair ke-8, Prodi Ilmu Falak Ajak Mahasiswa Melek Digital