Gambar Calon Profesi Ners Wajib Lulusi 120 Kompetensi

Calon Profesi Ners Wajib Lulusi 120 Kompetensi

UIN Online - Bagi Anda calon mahasiswa profesi ners UIN Alauddin Anda harus melulusi lebih dari 120 kompetensi sebelum dinyatakan lulus sebagai salah satu mahasiswa program profesi ners yang dibuka UIN Alauddin tahun 2011 ini.

Hal tersebut ungkapkan ketua program studi keperawatan UIN Alauddin Nur Hidayah SKep Ns MKes," Calon mahasiswa program profesi ners UIN Alauddin harus melulusi sekitar 120 kompetensi sebelum dinyatakan lulus sebagai salah satu mahasiswa program profesi ners UIN Alauddin."

120 kompetensi tersebut akan diujikan pada seluruh calon mahasiswa program profesi ners pada saat mengikuti program Kepaniteraan Umum yang akan berjalan sekitar 2-3 bulan.

Lebih lanjut Nur Hidayah mengatakan bahwa profesi ners bukan untuk  mahasiswa baru, akan tetapi melanjutkan tahapan pendidikan. Menurutnya tahapan pendidikan ners itu ada dua tahap yaitu tahap akademik (Sarjana Keperawatan) dan tahap profesi (Ners).

Perawat yang tidak ikut profesi ners tidak diberi wewenang oleh pemerintah untuk menangani pasien. Kewenangan praktik perawat diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan No 1239 tahun 2011 tentang Registrasi dan Praktik Perawat dan Keputusan Menteri Kesehatan No 148 tahun 2010 tentang Praktik Perawat.

Pada tahun pertama  pembukaan profesi ners  ini, UIN Alauddin merencanakan akan menerima mahasiswa program ners sebanyak 80 orang. (*)
Previous Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran
Next Post Kenalkan Perpustakaan ke Maba, Dr. Andi Ibrahim Tegaskan Gerbang Sukses Akademik Mahasiswa