Gambar 50 PTAIS Ikuti Pelatihan Manajemen Perguruan Tinggi

50 PTAIS Ikuti Pelatihan Manajemen Perguruan Tinggi

UIN Online – Sebanyak 50  Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) di lingkup Kopertais Wilayah VIII (wilayah Sulawasi, Maluku, dan Papua) mengikuti pelatihan manajemen perguruan tinggi yang digelar di Hotel Singgasana, Makassar, Sabtu (30/10/2010).

Pelatihan yang diikuti pimpinan PTAIS ini berlangsung hingga 1 November 2010 mendatang. Kegiatan ini menghadirkan 10 orang pemateri, di antaranya adalah Koordinator Kopertais Wilayah VIII Prof Dr H Azhar Aryad MA.

Menurut Prof Azhar, pelatihan manajemen perguruan tinggi sangat penting bagi PTAIS. Karena,  banyak ilmu-ilmu baru dalam memajukan PTAIS yang ada di wilayah VIII.

“Pada pelatihan ini kita menghadirkan pimpinan PTAIS dan ketua yayasan dengan tujuan mereka dapat memahami bagaimana memenej kampus mereka. Sebab ilmu manajemen merupakan hal yang penting dalam mengelola suatu perguruan tingg,” kata Prof Azhar.

Pada pelatihan, Prof Azhar juga tampil membawakan materi “Orientasi Manajemen PTAIS Narturan Task dalam Rangka Strategi Analisis.” Ia memaparkan bahwa dalam manajemen perguruan tinggi ada tiga hal yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu thing, pemimpin, dan control.

“Yang pertama thing atau sesuatu, artinya bagaimana kita memiliki sesuatu yang dapat dijual kepada orang lain, dengan adanya sesuatu berarti ada bukti dari kerja kita bukan hanya sekedar teori,” katanya menjelaskan.

“Sedangkan manusia berarti pemimpin sekaligus mandor yang berarti seorang  pemimpin yang dapat menjadi mandor untuk memenej semua hal dalam suatu perguruan tinggi. Dan yang terakhir adalah control yang berarti kontrol dari semua yang telah dilaksanakan,” pungkasnya.

pemateri pelatihan
1 Prof Dr H Azhar Aryad M A
2 Dra Hj Ida Nur Qasim MPd.
3 Dr Muh Zein M Ag
4 Dr Jayadi
5 Drs H Arifuddin S M Si
6 Prof Dr H Makmur M Si
7 Prof Dr Muhammad Basri M Si
8 Prof Dr H Muhammad Ramli M Si
9 Dr H A Isa Syamsu M Pd
10 Drs H Ismanto MM
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2