Gambar UKM Tapak Suci Adakan Pelatihan Seni Beladiri

UKM Tapak Suci Adakan Pelatihan Seni Beladiri

UIN Online - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat, Tapak Suci, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar, mengadakan pelatihan seni beladiri. Kegiatan yang mengangkat tema membumikan pencak silat tapak suci sebagai seni beladiri budaya bangsa dilaksanakan di Gedung LT UIN Alauddin Makassar, Rabu (27/4/2011).

"Bela diri sangat diperlukan siapapun yang sering mengadakan perjalanan untuk membekali diri dengan bela diri. Baik laki-laki atau perempuan sangat perlu mengetahui teknik dasar bela diri," ujar PR III UIN Alauddin Makassar, Drs H M Gazali Suyuti M HI saat membuka acara.

"Seseorang yang mengetahui teknik dasar bela diri memiliki kesiapan mental dalam menghadapi masalahnya. Seorang pendekar sebaiknya tidak pernah mengotori tangannya dari hal-hal yang jelek," terang Gazali.

Kegiatan yang diadakan khusus internal kampus UIN Alauddin Makassar mengundang Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejajaran UIN Alauddin utnuk mengikuti pelatihan pancat silat.

Menurut salah seorang pelatih, Syahrul,  pelatihan ini diadakan sebagai bentuk sosialisasi pada mahasiswa bahwa pancat silat merupakan salah satu budaya bangsa kita. Dalam pelatihan pancat silat peserta akan menerima tiga materi, yakni dua dari pendekar tapak suci dan satu dari akademisi.

Ketiga pemateri tersebut adalah, Dr Sabri AR yang membawakan materi  peranan mahasiswa dalam melestarikan seni budaya bangsa, Drs Muh Arham MPd I dengan materi sejarah perkembangan pancat silat dan Dahlan Ramadhan dengan materi teknik praktek pancat silat sebagai ilmu pembelaan. (*)
Previous Post KKN 75 UIN Alauddin Makassar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Desa Anrang
Next Post Orang Muda Menjaga Tradisi, KKN UIN Alauddin Menggelar Anrang Expo 2024