Gambar UIN Alauddin Miliki Taruna Siaga Bencana

UIN Alauddin Miliki Taruna Siaga Bencana

UIN Online - Jurusan Kesejahteraan Sosial (Kessos) Fakultas Dakwah dan Komunikasi  (FDK) UIN Alauddin membentuk Taruna Siaga Bencana (Tagana). Pembentukan Tagana ini berkat kerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Selasa (19/4).

Bagi mahaisswa jurusan Kessos, program Tagana ini tak asing lagi. Pasalnya, semua mahasiswa diwajibkan mengikuti pelatihan tagana. Bahkan bagi mahasiswa Kessos menjadi salah satu syarat ikut ujian akhir kuliah.

Menurut Panglima Tagana UIN Alauddin, A Hakkar Jaya MPd, tagana sudah berdiri sejak bulan September 2010 berdasarkan MoU dengan Dinas Sosial Sulsel. Bahkan sudah dilakukan pelatihan pertama untuk anggota baru.

"Di UIN Alauddin sudah berdiri Tagana dan tengah merencanakan membangun sebuah gedung yang nantinya akan digunakan sebagai Pusat Pendidikan Taruna Siaga Bencana (Taruna) dan Laboratorium Bencana," ujar A Hakkar yang juga Ketua Jurusan Kessos UIN Alauddin.

Tidak hanya itu, lanjut A Hakkar, nantinya UIN Alauddin Makassar menjadi Pusat Komunikasi Bencana di Indonesia timur. "Peletakan batu pertama direncanakan pada pelatihan Tagana dua yang akan dihadiri oleh Kementerian Sosial," imbuhnya.

Untuk Tagana tingkat perguruan tinggi (PT) di seluruh Indonesia, saat ini hanya ada di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung dan UIN Alauddin Makasssar. Tagana yang baru terbentuk tak hanya menangani bencana tapi juga bisa terlibat dalam kegiatan sosial seperti membuka taman pendidikan Alquran di BTN Hartaco.(*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2