Gambar UIN Alauddin Menuju Gaya Hidup Halal

UIN Alauddin Menuju Gaya Hidup Halal

UIN Alauddin Online - Alauddin Halal Center UIN Alauddin Makassar menggelar Expo Halal 2023 bertajuk "Menuju Gaya Hidup Halal" yang digelar di Lapangan Basket pada 6 hingga 8 Desember 2023.

Ada beberapa kegiatan selama pelaksanaan expo halal, diantaranya lomba duta halal, jajanan halal, lomba video halal dan lomba tenant. Terdapat sebanyak kurang lebih 26 tenant yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Saat pembukaan, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis juga melaunching Web Alauddin Halal Center.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi di UIN Alauddin ini ujar Rektor, sedapat mungkin dipastikan kehalalannya, termasuk pakaian-pakaiannya.

"Pentingnya membumikan semua produk-produk halal. Apa yang kita lakukan di sini adalah untuk merajut terwujudnya sebuah peradaban halal yang kita sebut sebagai ekosistem halal," tuturnya.

"Persoalan halal ini bukan semata perkara rasa, tapi persoalan ideologi. Ideologi inilah yang menciptakan rasa. Bukan karena rasanya enak tapi karena produknya halal sehingga kita tidak was-was untuk di makan atau dikonsumsi," paparnya.

Sementara, Ketua Alauddin halal center Dr H Abd Rauf Muhammad Amin LC MA menyampaikan terima kasih atas full support dari Rektor sehingga acara ini terlaksana.

Kegiatan ini tujuan utamanya adalah memperkenalkan bahwa di UIN ini ada satu lembaga yang punya konsen terhadap penjaminan produk halal.

"Karena itu, goal utama dari event ini adalah bagaimana sivitas akademika kita menyadari dan memiliki kesadaran bahwa lembaga ini harus di support full agar bisa memberikan peran dan kontribusinya secara maksimal terhadap program pemerintah kita," katanya.

"Ini yang harus kita sadari bahwa pemerintah kita sudah mencanangkan 2024 itu indonesia akan menjadi pusat produk halal dunia," imbuhnya.

Adapun Koordinator Pelaksana Expo, Dr Rismawaty Sikanna S Si M Si menjelaskan, ini merupakan program kerja dari divisi pendamping proses produk halal dan berkolaborasi dengan teman-teman dari divisi syiar dan riset beserta dari penyelia halal.

"Jadi kegiatan ini merupakan kegiatan yang didukung oleh berbagai pihak dan juga dari beberapa sponsor. Expo Halal 2023 ini merupakan yang pertama yang kami selenggarakan. Sekiranya di dalam pelaksanaan ini terdapat banyak kekurangan kesalahan, kami mohon dimaklumi dan dimaafkan," pungkasnya.

Previous Post Dr. Kaswad Sartono: Ilaikal Mashir, kita akan kembali ke titik semula.
Next Post Gebrakan Baru, KKN UIN Makassar Desa Batu-batu Sukse Gelas FUN RUN Tingkat Kecamatan