Gambar Tujuh Pemateri Andal PSQ Bawakan TOT

Tujuh Pemateri Andal PSQ Bawakan TOT

UIN Online - Tujuh guru besar di bidang tafsir Alquran bakal menjadi pemateri dalam Training of Trainers (TOT) Reorientasi yang akan diikuti dosen Tafsir dan Ulumul Quran se-Indonesia. Kegiatan ini rencananya akan digelar di Hotel Banua Makassar, 5-7 November 2010 mendatang.

Hal tersebut diutarakan oleh Muhsin Mahfud ketika kepada UIN Online di gedung rektorat, Rabu (27/10/2010). Materi dalam TOT nanti, kata Muhsin, bakal disajikan dengan pola interaksi yang menarik.

Siapa saja guru besar yang bakal hadir? Prof Dr M Quraish Shihab MA bakal membawakan pola interaksi Alquran dan sunah. Lalu Moderasi Islam konsep Wasathiyyah dalam Islam oleh Dr Muclis M Hanafi MA.

Berikutnya, untuk Metode dan Kurikulum Pengajaran Tafsir dan Ulum Al-Quran di Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), serta evaluasi dan gagasan akan dibawakan oleh Prof Dr Yunan Yusuf. Bisa juga dibawakan Prof Dr Athib Raya.

Kemudian untuk Metode Penafsiran Al-Quran (Tinjauan atas upaya penafsiran  Al-Quran secara tematik dan dengan pendekatan saintifik) oleh Dr Muchlis Hanafi MA atau Dr Ahsin Sakho Muhammad MA.

Lalu untuk Kaidah-kaidah tafsir I dan II oleh Prof Dr M Quraish Shihab, Metode Kritik Tafsir oleh Prof Dr Yunan Yusuf, dan materi terakhir Pembacaan Al-Quran Kontemporer, Takwil, dan Hermeneutika oleh Prof Dr Nasaruddin Umar MA.

Training of Trainers (TOT) Reorientasi Dosen Tafsir dan Ulumul Quran ini dilaksanakan oleh Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta dan Departemen Agama  Republik Indonesia beker jasama dengan UIN Alauddin Makassar. (*)
Previous Post LP2M UIN Alauddin Makassar Sukses Dukung Program Prioritas Sulsel Melalui Pengabdian Masyarakat
Next Post GenBI Sukses Gelar The Article Writing Competition Batch 2