Gambar Top! Prodi S2 PAI PPs UIN Makassar Berhasil Terakreditasi Unggul dari LAMDik

Top! Prodi S2 PAI PPs UIN Makassar Berhasil Terakreditasi Unggul dari LAMDik

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi)  Strata Dua (S2) Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDik).

Akreditasi Unggul itu diberikan kepada Prodi S2 Pendidikan Agama Islam berdasarkan Surat Keputusan nomor 724/SK/LAMDIK/Ak/M/XI/2022.

"Alhamdulillah, hari ini kita mendapat kado istimewa, Prodi S2 Pendidikan Agama Islam dinyatakan terakreditasi Unggul. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa," ujar Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis saat ditemui di Gedung Rektorat, Jumat (25/11/2022).

Guru Besar Sosiologi Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan itu menyampaikan rasa syukur dan apresiasi setinggi-setingginya atas pencapaian yang telah diraih lembaganya.

"Terima kasih atas kerja kerasnya. Perjuangan ini hasil kolaborasi apik, Pascasarjana, LPM, bidang akademik semua tim di Pascasarjana mulai dari Direktur, Wadir, Ketua dan Sekretaris Prodi serta Tim borang, terutama pendamping" ucapnya.

Dia mengatakan, capaian itu akan menjadikan Prodi S2 Pendidikan Agama Islam lebih berprestasi untuk mencerdaskan anak bangsa dalam rangka pembangunan nasional.

"Saya ucapkan selamat atas pencapaian unggulnya mudah mudahan Prodi lain bisa mengikuti capaian yang diraih Prodi Magister PAI. Saya ucapkan terima kasih kepada usah usaha mereka dan semoga trend ini terus berlanjut," tutupnya.

Ketua Prodi S2 Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Dr Saprin M Pd I menyampaikan, keberhasilannya meraih unggul tidak terlepas dari kolaborasi semua pihak.

"Alhamdulillah, keberhasilan ini tidak terlepas dari kolaborasi semua unsur mulai dari Pimpinan Universitas dalam hal ini Rektor sampai jajaran Staff bahkan sopir ikut berkontribusi," ujarnya.

"Ini juga tidak terlepas dari para peran Dosen dtps dan asesor internal selama ini aktif memberikan support dan dokumentasi yang kita butuhkan betul betul direspon secara positif," tambahnya.

Lebih lanjut, Dr Saprin menjelaskan, perolehan Akreditasi Unggul ini adalah awal untuk semakin semangat dalam mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Tentu ini bukan menjadi tujuan akhir, namun menjadi pijakan bagi kami untuk mengembangkan, Hal ini karena didasari prinsip bahwa kita harus terus berkembang dan berinovasi,” jelasnya.

Dia berharap, Akreditasi Unggul yang didapat Prodi S2 Pendidikan Agama Islam itu dapat memberi dampak lebih lagi bagi bangsa dan negara.

“Sekali saya ucapkan terimakasih atas dedikasi dan perjuangannya terhadap seluruh elemen yang turut mendukung proses akreditasi ini,” tutupnya.

Sementara itu, Sekertaris Prodi S2 Pendidikan Agama Islam, Dr Syamsuddin S Ag M Pd I menceritakan, pencapaian tersebut tidak mudah. Menurutnya, pihaknya telah membuat borang sebanyak tiga kali.

"Awalnya membuat borang 9 kriteria versi BAN PT, setelah itu membuat borang IPEPA, setelah di submit tidak ada informasi, muncul regulasi baru bahwa Prodi PAI diarahkan ke LAMDIK sehingga membuat borang baru," bebernya.

Sebagai informasi, LAMDIK
Adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan yang memiliki tugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Kependidikan di Indonesia.

Previous Post FST UIN Makassar Gelar MTQ, Integrasi Ilmu untuk Lahirkan Cendikiawan Muslim
Next Post Prodi Akutansi FEBI Asah Kreatifitas Mahasiswa Melalui Lomba dan Pameran Poster Penelitian