Gambar Tiga Tugas Pokok Perpustakaan

Tiga Tugas Pokok Perpustakaan

UIN Online - Mantan Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Sulsel A Ibrahim SAg SS MPd mengatakan bahwa penyelenggara perpustakaan memiliki tiga tugas pokok. Ketiga tugas pokok itu dalah menghimpun, memelihara atau melestarikan, dan mendayagunakan.

Hal tersebut ditegaskan Ibrahim saat menyampaikan Seminar Nasional Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi oleh HMJ Ilmu Perpustakaan di Gedung Audiotorium Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Kampus II, Samata, Gowa, Selasa (31/5/2011).

"Pengadaan (akuisisi) meliputi seleksi bahan pustaka dengan beberapa alat seleksi, pertimbangan kebijakan, dan peraturan-peraturan tertentu, kebutuhan masyarakat ketersediaan dana, masyarakat yang akan dilayani dan pertimbangan koleksi yang sudah ada," kata Ibrahim saat memaparkan materinya.

"Lalu pengolahan adalah pekerjaan yang dimulai sejak koleksi diterima di perpustakaan sampai siap dipergunakan oleh pembaca. Dan yang ketiga penentuan sistem temu kembali informasi, misalnya menggunakan kartu-kartu katalog, sistem manual atau sistem komputer, pemberian bimbingan pemakai dan memberikan layanan referensi," tambahnya.

Lanjut Ibrahim, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi mengakibatkan bukan saja perpustakaan yang berkembang dengan berbagai jenisnya, tetapi juga bagaimana cara yang paling cepat dan tepat memilih sumber informasi untuk dikoleksi.

Selain itu bagaimana caranya memberikan akses yang mudah, cepat, dan tepat serta bagaimana memberdayakan perpustakaan dalam rangka menarik minat masyarakat agar dengan senang hati berkunjung ke perpustakaan dan memanfaatkannya secara optimal.

Seminar sehari ini selain dihadiri oleh peserta dalam lingkup UIN Alauddin Makassar tapi juga hadir beberapa peserta pengelola perpustakaan yang berasal dari Sinjai, Pare-Pare, Bone, dan beberapa sekolah lainnya. (*)

Previous Post HMJ Studi Agama-agama UIN Makassar Gelar Dialog dan Halal Bihalal Lintas Iman
Next Post Jadi Narasumber FGD Penyusunan Kurikulum, Ketua LPM UIN Suka Dorong Pembelajaran Terintegrasi