Gambar Target Masuk 5 Besar Webometrics, UIN Alauddin Makassar Galakkan Pelatihan Menulis Berita

Target Masuk 5 Besar Webometrics, UIN Alauddin Makassar Galakkan Pelatihan Menulis Berita

UIN Alauddin Online - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar telah mengambil langkah serius untuk masuk ke dalam 5 besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam pemeringkatan Webometrics. 

Sebagai bagian dari upaya tersebut, UIN Alauddin Makassar telah meluncurkan pelatihan menulis berita bagi stafnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Kamaluddin Abunawas, secara resmi membuka kegiatan sosialisasi dan pelatihan di ruang rapat senat lantai IV gedung Rektorat Kampus II UIN, Pada Rabu (6/12/2023).

Dalam sambutannya, Prof. Kamaluddin Abunawas menekankan bahwa meskipun peringkat Webometrics tidak menjadi satu-satunya tolok ukur kualitas universitas, namun memiliki peringkat yang baik dapat meningkatkan publikasi positif dan visibilitas kampus secara online.

"Tetap fokus pada kualitas, dan hasilnya akan tercermin dalam peringkat webometrics. Ini adalah langkah strategis untuk mempromosikan peradaban UIN Alauddin secara global," ujar Prof. Kamaluddin Abunawas.

Ketua Tim penulis webometrics UIN Alauddin, Dr. H. Barsihannor, M.Ag., menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi dan pelatihan menulis berita ini bertujuan untuk mendukung upaya peningkatan peringkat Webometrics. 

"Kami tidak hanya ingin masuk dalam 5 besar, tetapi juga ingin memberikan publikasi yang berkualitas dan informatif," kata Dr. Barsihannor.

Sebagai informasi, Webometrics merupakan inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah grup penelitian yang dikelola oleh Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) Spanyol.

Pemeringkatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, mengevaluasi konstruksi dan pemanfaatan sumber informasi, struktur, dan teknologi pada website universitas di seluruh dunia.

Previous Post Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Bahas Literasi Digital pada Pengabdian Masyarakat di SMK Pratin
Next Post Tim Akuntansi UIN Alauddin Makassar Raih Juara 1 dan 3 pada DIGIBIZ Business Plan Competition