Gambar Tahun Ini, Pendidikan Karakter Masuk dalam Kurikulum

Tahun Ini, Pendidikan Karakter Masuk dalam Kurikulum

UIN Online - Pendidikan karakter sudah lama ada. Sejak presiden pertama hingga sekarang. Dicanangkan zaman Sukarno yang dikenal Mission Building Charakter dan sampai sekarang ini belum selesai.

Namun tahun ini baru akan masuk pada kurikulum pembelajaran. Hal tersebut disampaikan oleh Pembantu Rektor Bidang Alademik, Prof Dr Ahmad M Sewang MA ketika memberi sambutan di Seminar Internasional yang diadakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Menurutnya, beberapa waktu lalu ia mengikuti Komperensi Tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama yang menjadi Topiknya adalah Karakter Building.

Kemudian dari kenperensi tersebut dintruksikan tahun ini pendidikan karakter sudah masuk di dalam kurikulum. "Tahun ini diminta agar pendidikan karakter sudah masuk dalam kurikulum", ujar Ahmad M Sewang.

Meskipun menurutnya dalam implementasi pendidikan karekter masih terjadi perbedaan. “Saat ini masih ada perdebatan panjang, apakah akan dibuatkan mata kuliah tersendiri atau bersama dengan mata kuliah yang lain. Ini akan dimulai dari Sekolah Dasar hingga di perguruan tinggi,” ungkapnya.

Khusus di perguruan tinggi, jika menjadi mata kuliah yang berdiri sendiri maka akan menjadi dilema. Mata kuliah saat ini sudah sangat padat lalu dibuat lagi yang baru sehingga banyak yang meminta metode integrasi antara mata kuliah karakter dengan mata kulaih yang lain.

Previous Post Kenalkan Perpustakaan ke Maba, Dr. Andi Ibrahim Tegaskan Gerbang Sukses Akademik Mahasiswa
Next Post Perpustakaan Syekh Yusuf UIN Alauddin Makassar Gelar Program Pendidikan Pemustaka untuk Maba