Gambar Prodi MHU UIN Alauddin Sasar Peluang Wirausaha Generasi Milenial

Prodi MHU UIN Alauddin Sasar Peluang Wirausaha Generasi Milenial

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Manajemen Haji dan Umrah (MHU), Fakultas Dakwah dan Komunikasi menggelar Workshop Kewirausahaan dengan mengusung tema "Menyasar Peluang Wirausaha untuk Generasi Milenial".

Kegiatan yang digelar di Lecture Theatre (LT) FDK pada Kamis, 16 Maret 2023 ini menghadirkan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin, Dr Jamaluddin Majid sebagai pembicara.

Dalam materinya, ia menyampaikan 10 tips sukses menjadi pengusaha muda, diantaranya Niat Kerja Keras dan Tekun, Melakukannya Karena Passion, Punya Rasa Percaya Diri yang Tinggi.

Selanjutnya, Memiliki Rekan Bisnis, Cepat Tanggap Terhadap Keluhan Pelanggan, Berani Menantang Diri Sendiri, Seorang Risk Taker.

Poin kedelapan papar dia, Visualisasikan Keinginan Diri, Memiliki Kemampuan Manajerial Waktu, serta Jangan Berhenti Belajar.

"Adapun untuk langkah awal yang dibutuhkan dalam merancang bisnis menguntungkan adalah membentuk pola pikir bisnis di dalam kepala, fokus dengan satu bisnis di awal, jalankan bisnis sesuai dengan konsep," katanya menjelaskan.

Tak sampai di situ, langkah selanjutnya adalah melakukan riset, manfaatkan media sosial, terbuka dengan kritik dan saran, serta mengelola keuangan dengan bijaksana.

Menurutnya, setiap manusia memiliki peluang yang sama besarnya untuk bisa menjadi orang sukses.

"Tidak ada orang yang lebih hebat dari yang lainnya, yang membedakan hanyalah usaha kita. Tidak ada hasil berbeda untuk cara yang sama, apabila kita ingin hasil yang berbeda, maka lakukanlah hal yang berbeda pula," pungkasnya.

Previous Post Jalur UM-PTKIN UIN Alauddin Makassar Telah Dibuka, Ini Cara Daftar
Next Post Tingkatkan Mutu Pelayanan, Pimpinan FSH Gelar Rapat Koordinasi