Gambar Prodi BSA UIN Alauddin Uji Kompetensi Mahasiswa Pasca Pelatihan Melalui TOAFL

Prodi BSA UIN Alauddin Uji Kompetensi Mahasiswa Pasca Pelatihan Melalui TOAFL

UIN Alauddin Online - Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL) pada Jumat 19 Juli 2024.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab mahasiswa, sebagai persiapan TOAFL salah satu syarat Seminar hasil mahasiswa BSA.

Pelatihan intensif yang berlangsung selama sepekan ini meliputi berbagai aspek penting dalam pembelajaran bahasa Arab, termasuk keterampilan mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara.

Para mahasiswa dibimbing oleh dosen-dosen berpengalaman dan praktisi bahasa Arab, yang memberikan materi serta latihan yang komprehensif.

Dr Baso Pallawagau Lc MA selaku Ketua Prodi BSA menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi mahasiswa.

"Kami berharap pelatihan ini dapat membantu mahasiswa dalam menguasai bahasa Arab dengan lebih baik, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di dunia akademik maupun profesional," harapnya.

Tes TOAFL yang diadakan pasca pemberian serangkaian pelatihan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa BSA. Tes ini menjadi tolok ukur kemampuan bahasa Arab mahasiswa, serta evaluasi efektivitas program pelatihan yang telah dilaksanakan.

"Hasil dari tes ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk terus meningkatkan metode pengajaran dan program pelatihan di masa depan. Kami ingin memastikan bahwa lulusan BSA UIN Alauddin Makassar memiliki kompetensi bahasa Arab yang tinggi dan siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional," papar Dr Baso Pallawagau.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Miftahul Jannah, mengungkapkan rasa syukur dan antusiasmenya setelah mengikuti pelatihan ini.

"Pelatihan ini sangat membantu saya dalam memahami materi-materi yang sulit. Kami juga dilatih untuk menghadapi berbagai tipe soal yang sering muncul dalam tes TOAFL. Saya merasa lebih percaya diri untuk mengikuti tes," pungkasnya.

Previous Post PSGA UIN Alauddin Makassar Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender Peringkat Madya
Next Post Midyan Surya Ishak Raih Gelar Doktor di UIN Alauddin Makassar