Gambar PPL Terintegrasi KKN Perdana, FSH Lakukan Pembekalan

PPL Terintegrasi KKN Perdana, FSH Lakukan Pembekalan

UIN Alauddin Online - Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar mengadakan pembekalan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk pertama kalinya di FSH , yang berlangsung di LT FSH, Kamis, 26 September 2024.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin, Dr Rosmini Amin mengatakan bahwa, PPL  yang terintegrasi KKN sudah pernah dilakukan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sebelumnya dan untuk FSH merupakan yang pertama se-PTKIN.

“Ini adalah kegiatan KKN terintegrasi PPL kedua, setelah tarbiyah. Jadi jika ada keterbatasan yang berjalan, kita akan benahi bersama apa yang kurang dan terbatas dari semestinya kita lakukan,” tuturnya.

Ia menjelaskan PPL terintegrasi KKN ini merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tapi belum dilaksanakan secara sempurna, dan untuk sementara, yang diintegrasikan adalah waktunya saja.

“Kalian PPL sekalian KKN, dan perjalanan PPL dalam sehari itu tujuh jam, setelah itu istirahat sebentar, lanjut lagi menjalankan kegiatan KKN selama empat jam, dari sore sampai isya selama 45 hari,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris LP2M Prof Marjuni, menjelaskan bahwa ada beberapa fitur KKN yang dirumuskan, setelah dibuatkan pedoman dan jobdesknya, kemudian dipaparkan ke senat dan disahkan oleh Rektor.

“Seperti KKN terintegrasi dan KKN kolaborasi, jadi bukan hanya KKN reguler saja yang senantiasa dilakukan dari tahun ke tahun, tapi mahasiswa sudah bisa memilih jenis KKN sendiri,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pentingnya penguatan moderasi beragama dikalangan mahasiswa, dan kompetisi yang ingin kita capai dalam KKN kali ini, yaitu menyadari kekeliruan berpikir dan asumsi secara subjektif atas keragaman dan perbedaan.

“Bagaimana kita bisa berfikir secara elastis, dalam bahasa agama itu berfikir secara moderal, tidak terlalu ke kiri dan tidak terlalu ke kanan. Tapi dia selalu berada di posisi tengah,” ucapnya.

Previous Post UIN Alauddin Raih Penghargaan Treasury Awards KPPN II Makassar Kategori Transaksi CMS
Next Post UIN Alauddin Makassar Masuk 5 Besar PTKN Terbaik se-Indonesia Versi AD Scientific Index 2025