Gambar Pentingnya Beristigfar Setelah Salat

Pentingnya Beristigfar Setelah Salat

UIN Online - Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Prof Dr H Ambo Asse MAg mengungkapkan pentingnya beristighfar setiap kali selesai menunaikan salat wajib.

"Kenapa kita perlu beristiqfar sesudah salat? Beristighfar ini harus selalu kita lakukan sebagai wujud kesadaran kita. Jangan sampai dalam shalat kita berniat salah. Iblis ada dimana-mana yang bisa menggangu konsentarasi saat salat," kata Prof Ambo Asse.

Hal tersebut diungkapkan Prof Ambo Asse saat membawakan Kuliah ujuh menit (Kultum) seusai salat Dzuhur di kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Samata, Gowa, Selasa (9/8/2011).

"Ketika kita selesai salat, kita istiqfar. Kita beristiqfar karena amalan ini mengingatkan kita agar segera mendapat ampunan Allah. Sehingga kita mendapatkan surga yang dijanjikan hanya kepada kaum muktakim," tambahnya.

Selain budaya istighfar, Prof Ambo Asse juga mengatakan untuk selalu meminta maaf. "Ada-ada saja kelakuan kita yang tidak wajar, tidak sesuai yang kita lakukan, sehingga kita harus meminta maaf. Karena tidak semua dosa diampuni tanpa meminta maaf," jelasnya.

"Ada dosa yang diampuni hanya dengan taubat setelah itu berkomitmen tidak akan melakukannya lagi dan taat dan beriman kepada allah."

Kalau takut berbuat dosa kepada allah maka bersihkanlah diri dengan meminta ampun kepada Allah, namun jika mempunyai dosa kepada sesama maka meminta maaflah kepadanya.

"Jika ingin meminta maaf kepada sesama, minta maaflah dengan memberitahukannya apa yang telah diperbuat baru meminta maaf," pungkas Ambo Asse. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik