Gambar Kukuhkan 2033 Wisudawan, Rektor UIN Makassar Pesan Jadilah Sarjana Surplus Skills

Kukuhkan 2033 Wisudawan, Rektor UIN Makassar Pesan Jadilah Sarjana Surplus Skills

UIN Alauddin Online - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan Sidang Senat Terbuka Luar Biasa di Sandeq Ballroom Hotel Claro Makassar.

Kegiatan itu dalam rangka pengukuhan 2.033 Wisudawan dan Wisudawati Periode September 2022 UIN Alauddin Makassar.

Acara tersebut berlansung selama dua hari terhitung, Selasa sampai Rabu, 27 - 28 September 2022.

Dalam sambutanya, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis meminta para alumni menjadi sarjana yang surplus skills.

"Jadilah sarjana surplus skills. Sarjana yang tidak terjebak pada satu bidang keterampilan saja, tetapi memiliki banyak keahlian dan keterampilan," ujarnya.

Menurut Guru Besar Sosiologi itu, sarjana tipikal ini adalah sarjana yang menguasai bidang yang mampu berdialog dan bernegosiasi  dengan lingkungan dimana dia berada dan berkarir.

"Pada era disrupsi teknologi sekarang ini, sarjana dituntut untuk menguasai bidang keilmuannya serta mengetahui bidang bidang lainnya," tuturnya.

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan itu meminta, para alumni tidak menjadi sarjana defisit skiils. 

"Anak anakku Wisudawan, sekarang ini kehidupan luar sana semakin keras, persaingan semakin kompetitif, olehnya saya berpesan untuk tidak menjadi sarjana defisit skills," pesannya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, sarjana defisit skills adalah mereka tidak berkompeten di bidang keilmuannya, juga tidak memiliki keterampilan yang dibanggakan dalam dunia kerja.

"Sarjana model seperti ini akan menjadikan gelarnya sebagai aksesoris saja. Sarjana seperti ini akan digilas oleh zaman dan akan dipinggirkan oleh arus persaingan kerja yang semakin tidak bersahabat," tutupnya.

Previous Post FST UIN Makassar Gelar MTQ, Integrasi Ilmu untuk Lahirkan Cendikiawan Muslim
Next Post Prodi Akutansi FEBI Asah Kreatifitas Mahasiswa Melalui Lomba dan Pameran Poster Penelitian