Gambar Ketua Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin Jadi Narasumber di PWN PTK XVI

Ketua Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin Jadi Narasumber di PWN PTK XVI

UIN Alauddin Online - Ketua Program Studi (Prodi) Ilmu Falak, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) yang juga sebagai pelatih dan pembina Pramuka UIN Alauddin Makassar menjadi narasumber dalam kegiatan Indaba antar Pembina Perguruan Tinggi Keagamaan dalam kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI di Bumi Perkemahan IAIN Sultan Amai Gorontalo, pada 22 hingga 27 Mei 2023.

Dr Fatmawati M Ag yang juga sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Kota Makassar memaparkan materi tentang Tata Kelola Gugus Depan dan Ambacana.

Ketua Prodi Ilmu Falak tersebut dalam pemaparannya dipanel oleh Dr Ritawati S Ag M Kom I yang tak lain merupakan pelatih Kwartir Nasional dari UIN Raden Intan Lampung. 

Fatmawati memaparkan bahwa Rektor/Ketua pada Perguruan Tinggi Ex Officio sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan, dan para Wakil Rektor/Wakil Ketua dan para Dekan Fakultas sebagai anggota Mabigus.

"Demikian pula Wakil Rektor/Ketua III Bidang kemahasiswaan Ex Officio sebagai Ketua Majelis Pembimbing Harian bersama para Wakil Dekan III dengan masa bakti 3 tahun," jelas Fatmawati.

Menurutnya, tanggung jawab pengembangan pada Pramuka Perguruan Tinggi (Perti) landasan acuannya tidak lepas pada Tri Dharma serta Tri Bina Pramuka.

"Tanggung jawab pengembangan Gugus Depan yang ada di Perti tetap mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Tri Bina Pramuka, yakni Bina Diri, Bina Satuan, dan Bina Masyarakat," paparnya menambahkan.

Sekadar diketahui, perhelatan 2 tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI ini menghadirkan 59 PTK dari seluruh Indonesia dengan mengusung tema "Merawat Keberagaman dan Perdamaian Dalam Bingkai Moderasi Beragama".

Previous Post Tingkatkan Mutu Pelayanan, Pimpinan FSH Gelar Rapat Koordinasi
Next Post Prodi SPI UIN Alauddin dan Penerbit Rajagrafindo Bahas Peningkatan Aksesibilitas materi sejarah