Gambar Jadi Narasumber Seminar Kewirausahaan Prodi MHU, Direktur Bina Haji Bahas Peluang Usaha Di bidang Ha

Jadi Narasumber Seminar Kewirausahaan Prodi MHU, Direktur Bina Haji Bahas Peluang Usaha Di bidang Ha

UIN Alauddin Online - Direktur Bina Haji serta  Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Dr Arsad Hidayat jadi narasumber pada Seminar Kewirausahaan dan Kuliah Umum Program Studi (Prodi) Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi di Ruang Rapat Senat Lantai IV Rektorat, Senin 22 April 2024.

Pada Kegiatan yang bertajuk "Sinergi dan Kolaborasi Pembinaan Haji dan Umrah yang Moderat dan Berwawasan Global" Dr Arsad membahas soal peluang strategis di bidang penyelenggaraan haji dan umrah di hadapan puluhan mahasiswa Prodi MHU.

Ia menyebut bidang haji dan umrah ini salah satu bidang strategis, karena menurutnya saat ini pemerintah Arab Saudi sedang gencar-gencarnya mendatangkan sebanyak mungkin orang untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

"Mereka (pemerintah Arab Saudi) tidak tanggung-tanggung di 2030 nanti menargetkan 30 juta orang harus datang ke negara melaksanakan umrah, dari 30 juta kita dapat 30 persennya setidaknya 10 juta jemaah umrah harus di berangkatkan dari Indonesia," ungkapnya.

Menurutnya, ini adalah pasar yang sangat-sangat menjanjikan, ditambah lagi pemerintah Arab Saudi memberikan visa haji 4,5 juta jemaah haji setiap tahunnya untuk seluruh jamaah di dunia naik 100 persen dari sebelumnya yang hanya 2,5 juta.

"Ini peluang yang sangat besar, sebagai mahasiswa ini dari manajemen haji dan umrah harus terbuka betul, matanya harus jelit melihat kalian ini mau mengambil peran dimana, jangan sampai ketinggalan," ucapnya.

Dr Arsad menyampaikan orang yang tidak punya background berkaitan haji dan umrah saja bisa menjadi bos-bos travel, apalagi anda mahasiswa manajamen haji dan umrah yang sudah mempelajari tentang pengelolaan manajemen haji dan umrah itu sendiri.

"Menurut saya ini yang coba kita pikirkan saat ini,  yang harus kita coba, supaya kita ada masa depan, kalau bukan kita siapa lagi yang terpenting lagi kalian nanti dalam berwirausaha harus menerapkan layanan prima kepada jamaah haji yang di ajarkan di kurikulum manajemen haji dan umrah," tegasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan ini turut dihadirin oleh Rektor UIN Alauddin, Prof Hamdan Juhannis, Wakil Rektor ll bagian AUPK, Prof Andi Aderus, Biro AAKK, Dr Kaswad Sartono, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof Abd Rasyid Masri, Ketua Prodi MHU, Dr Sitti Asiqah Usman Ali, para Dosen Prodi MHU, serta puluhan mahasiswa.

Previous Post Pemerintah Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan-Minuman di 3.000 Desa Wisata
Next Post Dosen Ilmu Falak UIN Alauddin Bawa Materi di Pelatihan Kepenulisan Media Insight