Gambar Implementasi PjBL, Mahasiswa Prodi PBI UIN Alauddin Lakukan Analisis Kebutuhan di Sejumlah Sekolah

Implementasi PjBL, Mahasiswa Prodi PBI UIN Alauddin Lakukan Analisis Kebutuhan di Sejumlah Sekolah

UIN Alauddin Online - Sebagai wujud implementasi project-based learning (PjBL) mahasiswa semester 5 kelas C Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UIN Alauddin Makassar melakukan analisis kebutuhan (needs analysis) di sejumlah sekolah di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Proyek tersebut merupakan tugas dari Mata Kuliah Curriculum and Material Development yang diampu oleh Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., M.A.

Mahasiswa dibagi menjadi 8 kelompok yang masing-masing terdiri dari 2-3 orang dan disebar di beberapa sekolah, seperti SMP Negeri 1 Sungguminasa, SMP Aisyah Paccinongang, MTs Negeri Gowa dan SMP Negeri 2 Makassar.

Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., M.A mengatakan, mahasiswa tersebut melakukan analisis kebutuhan yang meliputi buku apa yang digunakan di sekolah, berapa buku yang menjadi rujukan, bagaimana karakteristik peserta didik di sekolah, kurikulum apa yang digunakan, bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru serta model pembelajaran digunakan.

“Hasil dari analisis tersebut akan digunakan oleh mahasiswa dalam mengembangkan modul atau perangkat pembelajaran lainnya,” katanya, Senin, 20 November 2023

Prof Yaumi menerangkan, Project-based learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

“PjBL bermanfaat untuk membuat peserta didik lebih aktif serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dari ruang kelas, meningkatkan kolaborasi dan mengembangkan soft skill,” pungkasnya.

Previous Post Memperkuat Kerjasama Antar Institusi, BSA FAH dan BSA IAIN Pare-Pare Tandatangani MoA
Next Post FAH UIN Alauddin Makassar dan Nasmedia.id Lakukan Kolaborasi Satu Buku Satu Dosen