Gambar HMPS Ilmu Hadis Ngobrol Cerdas Kehujjahan Hadis dan Tantangannya

HMPS Ilmu Hadis Ngobrol Cerdas Kehujjahan Hadis dan Tantangannya

UIN Alauddin Online - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HM-PS) Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik (FUFP) menggelar Ngobrol Cerdas (Ngoce) "Kehujjahan Hadis dan Tantangannya" melalui Zoom Meeting pada Selasa (8/6/2021).

Program Kerja (Proker) Ngoce sendiri merupakan kajian rutin Himpunan Ilmu Hadis dan dibuka untuk umum bagi mahasiswa yang ingin mendalami pemahaman tentang hadis. 

"Banyak juga dari kampus lain Jurusan Hadis maupun Tafsir se-Indonesia yang mengikuti kajian rutin ini," kata Ketua HM-PS Ilmu Hadis, Sahrul, Kamis (10/6/2021).

Alasan tema yang diangkat pada kajian ini lanjut dia, guna mengetahui hukum-hukum mengamalkan Hadis Nabi dari segi kualitas dan kuantitas serta bagaimana menyikapi tantangannya.

"Kehujjahan itu soal bisa atau tidaknya dijadikan sebagai landasan hukum dalam islam. Sementara untuk tantangannya ada pada golongan ingkarussunnah dan orientalis," paparnya.

Dua golongan ini disebutkan adalah mereka yang tidak menerima hadis sebagai sumber ajaran atau dasar hukum Islam.

Sahrul menilai, pentingnya kajian ini yakni membuka pandangan dari segi kehujjahan dan juga sebagai upaya memberikan landasan untuk lebih selektif memilah Hadis dari segala sisi.

Previous Post UIN Alauddin Makassar Jalin Kerjasama dengan UKI Toraja
Next Post UIN Alauddin Tingkatkan Kerjasama dengan Australian Volunteer Program