Gambar HMJ Pendidikan FISIKA UIN Alauddin Gali Potensi Siswa Melalui Gebyar Galaksi

HMJ Pendidikan FISIKA UIN Alauddin Gali Potensi Siswa Melalui Gebyar Galaksi

UIN Alauddin Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar sukses menggelar kembali acara Gebyar Lomba dan Kreasi Fisika (Galaksi) 2023 untuk tingkat nasional yang digelar di Gedung Pendidikan Pendidikan Guru (PPG) Tarbiyah dengan tema "Creativity in Exploring Potential".

Galaksi 2023 menyelenggarakan beragam lomba untuk siswa dari jenjang pendidikan SMA/MA/SMK Sederajat dan SMP/MTs/MTs Sederajat. Lomba-lomba yang diadakan meliputi Akustik, Essay, Tahfidz, Mading Ilmiah, Proyek Sains, Video Pendek, Cerdas Cermat Fisika, Kultum, Cipta Baca Puisi, KIT Eksperimen, Olimpiade Fisika, Olimpiade IPA, dan Fotografi.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Andi Achruh memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan yang diadakan oleh HMJ Pendidikan Fisika. Dia berharap kegiatan ini dapat mengidentifikasi potensi siswa yang berpartisipasi dalam lomba.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya berharap Prodi Fisika dapat melakukan kegiatan yang mampu mengidentifikasi siswa-siswa yang memiliki potensi di bidangnya," katanya.

Dia juga berkomitmen memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba, termasuk menyediakan fasilitas jika mereka ingin bergabung dengan Jurusan Pendidikan Fisika.

"Saya akan memberikan fasilitas kepada para juara 1 sampai 3 untuk bergabung dengan Jurusan Pendidikan Fisika," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Pendidikan Fisika, Santih Anggreini, mengungkapkan bahwa kegiatan nasional ini dapat membantu mengembangkan potensi peserta. Menurutnya, peserta akan mendapatkan pengalaman berharga dalam lomba proyek sains dan KIT Eksperimen.

"Galaksi ini dapat membantu peserta untuk mengembangkan wawasan mereka. Mereka akan mendapatkan pengalaman dalam lomba proyek sains dan KIT Eksperimen," ujarnya.

Dia juga mencatat bahwa jumlah peserta lomba tahun ini meningkat drastis menjadi lebih dari 500 peserta, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 300 peserta meskipun hanya dua jenjang pendidikan yang terlibat.

Namun demikian, Santih berharap agar peserta dapat mengeluarkan ide-ide kreatif mereka dalam setiap lomba yang diikuti. "Sangat diharapkan peserta dapat mengekspresikan kreativitas mereka dalam setiap lomba yang diikuti," tambahnya.

Previous Post Memperkuat Kerjasama Antar Institusi, BSA FAH dan BSA IAIN Pare-Pare Tandatangani MoA
Next Post FAH UIN Alauddin Makassar dan Nasmedia.id Lakukan Kolaborasi Satu Buku Satu Dosen