Gambar Hasyaf Telah Delapan Kali Harumkan Nama UIN Pada Juara Fotografi

Hasyaf Telah Delapan Kali Harumkan Nama UIN Pada Juara Fotografi

BADANNYA kecil kerempeng namun ia memiliki nyali sangat besar. Dia membuktikan bahwa dengan terus menerus berkarya, prestasi akan datang dengan sendiri. Dan itu dibuktikannya dengan beragam gelar juara di dunia fotografi tingkat kampus di Sulsel.

Lelaki itu adalah Hasyaf, singkatan dari Hasman Syahran Fattah, mahasiswa semester VII Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Salah satu pendiri komunitas Pixel ini mengaku tak memiliki dasar fotografi. Bahkan sama sekali keluarganya tidak ada yang tahu fotografi. Namun karena tak berhenti belajar, laki-laki kelahiran 24 April ini mampu mendapatkan kemampuan untuk mengabadikan gambar.

"Saat SMA saya kaget kenapa bisa mendapatkan gambar yang bagus. Padahal ia dulu hanya memakai kamera ponsel. Apakah karena proses edit yang baik? Atau pengambilan gambarnya yang tepat? Rasa ingin tahu itulah membuat saya mendaftar di UIN pada jurusan TI dan diterima tahun 2008," kata anak dari pasangan Mantasiah dan Hasanuddin ini.

Nah, sejak masuk di UIN tersebut, ia mempelajari banyak hal tentang teknik editing foto dan juga cara mendapatkan gambar yang baik. Bahkan pelatihan di luar kampus, kerap ia ikuti guna mendapakan tambahan ilmu. Dan hasilnya, berangkat dari kecintaan tentang fotografi dan desain, Hasman delapan kali membawa nama UIN Alauddin harum, berkat hasil jepretamnya.

Kembali pada awal ketertarikannya pada dunia fotografi, pada Agustus 2010, ia akhirnya mendapatkan kesempatan untuk memiliki kamera digital single lens reflect (DSLR). Ini pun berkat lobi intensif dengan keluarga selama berbulan-bulan.

Dengan jurus andalan ditambah sugesti yang memadai maka saat semester IV ia mulai memperkenalkan visi dan misinya dalam menggabungkan hobi dan pendidikan, yakni fotografi dan IT (desain grafis). Dia punya prinsip, "mengabadikan semua momen di sela-sela mata berkedip."

Lalu untuk mengembangkan kegemarannya tersebut, Hasman yang pertama kali masuk di UIN tidak menemukan komunitas bergelut di dunia fotografi. Olehnya itu, dia mulai memikirkan jalan agar UIN Alauddin bisa memiliki UKM yang bergelut di dunia desain dan fotografi, yang dapat menunjang kualitas lulusan jurusan IT.
 
Makanya lewat ide-idenya yang tak pernah berhenti, dia  ia mulai berencana mengadakan organisasi yang mewadahi mahasiswa-mahasiswa yang gemar dengan dunia desain grafis untuk terjun di dalamnya. Maka lahirlah Pixel. Meski belum berbentuk UKM namun ada keinginan kuat untuk menjadikan komunitasnya itu sebagai UKM.

Sempat Kecewa
Namun di balik kesuksesannya mengharumkan nama UIN Alauddin meraih juara delapan kali di berbagai kontes desain dan fotografi, dia pernah mengalami kekecewaan yang luar biasa ketika telah memiliki foto indah yang akan dilombakan dan langsung terdelete.

"Rasanya kecewa sekali. Waktu itu ada lomba Fenomatika yang diadakan oleh Arsitek Unhas 2011. Ketika lagi melihat ulang fotonya kemudian menghapus foto yang lain, eh malah yang ingin diikutkan lomba justru terdelete. Waktu itu saya hanya juara favorit padahal seharusnya bisa juara I," katanya seraya tertawa.

Selain sempat kecewa karena pernah kehilangan foto terbaik, dia juga kecewa dengan apresiasi UIN Alauddin yang tidak memberinya support. Terlebih ketika dijanjikan akan diberikan penghargaan sebagai salah satu mahasiswa yang berprestasi di UIN, namun ujung-ujungnya belum terwujud.

"Tapi, setidaknya saya sudah dijanji. Saya baru mendapat penghargaan dari Dekan Sainstek UIN Alauddin, Dr Muhammad Khalifah Mustami MPd. Tapi tidak apalah kalau memang tidak ada dari universitas," katanya.

"Seharusnya di UIN itu harus memberdayakan mahasiswanya dari dalam. Contoh kecil saat wisuda yang baru-baru ini, seharusnya memberdayakan teman-teman dari Pixel. Jangan mengambil fotografer dari luar. Setidaknya kami mau sedikit dianggap-lah," katanya ketika diwawancarai di lantai III perpustakaan umum, Senin (03/09/2011). (uin online l suryani musi)

Prestasi-prestasi Hasyaf dalam Bidang Fotografer:
* Juara I lomba Fotografi Reveal Himpunan Mahasiswa Arsitektur Unhas 2011.
* Juara I lomba Fotografi Woodsygab gelap terang UNM 2011.
* Juara favorit lomba pada lomba photography Contest Festival Teknologi Informasi dan Robotika 2011.
* Juara III lomba fotografi Pesta Budaya Jepang "Jepang Mix 2011".
* Juara II lomba fotografi Kampoeng Popsa 2011.
* Juara foto faforit Photografy Contest Arsitecture HMA FT-Unhas 2011.
* Juara I lomba fotografi Kampung IT UMI 2011.

Previous Post Prodi BSA Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Sulbar
Next Post Dosen SPI Jadi Pembicara di Majelis Taklim Gowa