Gambar Gelar Webinar Nasional, HMJ SKI Bahas Narasi Sejarah Kebangsaan

Gelar Webinar Nasional, HMJ SKI Bahas Narasi Sejarah Kebangsaan

UIN Online - Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam (HIMASKI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN alauddin Makassar sukses menggelar Webinar Nasional.

Kegiatan tersebut mengusung tema "Narasi Sejarah Kemerdekaan" melalui aplikasi via Zoom, Sabtu (29/07/2020) kemarin.

Webinar Nasional tersebut merupakan serpihan dari segala upaya memperingati seremonial bertajuk kemerdekaan Republik Indonesia  ke-75 th pada beberapa waktu yang lalu, tepatnya ditanggal 17 Agustus 2020.

Dalam Webinar kali ini mengundang pembicara senior dibidang sejarah, yakni Prof. Anhar Gonggong M.A yang merupakan peneliti sekaligus sejarawan Nasional , serta Bonnie Triyana Pimpinan Redaksi majalah Historia.id.

Dalam pemaparannya, Prof Anhar Gonggong M A menjelaskan "Akar permasalahan yang harus kita hilangkan adalah karakter feodalistik kita. sebab karakter tersebut adalah warisan para kolonial dimasa lalu, yang akan berdampak terhadap watak-watak eksploitatif yang akut untuk pemuda dalam mewujudkan sebuah kemerdekaan yang sebenarnya," tuturnya.

Sebaliknya, Bonnie Triyana berpendapat bahwa kolonialisme bertumpu pada feodalisme dan kebijakan yang diskriminatif berdasarkan penggolongan ras serta kedudukan sosial.

"Disinilah upaya negara mencari lagi makna merdeka." Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua HIMASKI Melinda mengatakan kegiatan ini terlaksana bertujuan untuk bagaimana generasi muda atau para regenerasi penerus bangsa selanjutnya mampu menumbuhkan semangat patriotisme, nasionalisme, maupun menjadi stimulus membangkitkan kesadaran akan tradisi intelektual, khususnya disiplin ilmu sejarah sebagai proses memahami dan memaknai lebih dalam peristiwa-peristiwa penting perkembangan dan perjalanan suatu bangsa dalam pergolakan pemikiran maupun ideologi untuk merumuskan sebuah cita-cita kebangsaan.

"Kegiatan ini merupakan upaya-upaya api kecil sebagai spirit pembangkit kesadaran akan pentingnya ilmu kesejarahan dalam kehidupan keseharian kita maupun pada ruang lingkup perkuliahan," bebernya.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepala seluruh kalangan yang telah banyak membantu dan menyukseskan Webinar Nasional ini dan juga untuk rekan-rekan pengurus semoga setelah kegiatan ini mampu menjadi fasilitator sekaligus wadah dalam memberikan sebuah agenda positif dan inspiratif lagi kedepannya," tambahnya.

Previous Post Dosen Keperawatan Jadi Narasumber Podcast Kampanye Moderasi Beragama Melalui Digital dan Online Nad
Next Post Pimpinan FAH Beserta Jajarannya Hadiri Sidang Promosi Doktor Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan