Gambar FKIK Lakukan Sosialisasi Pedoman Karya Tulis Ilmiah

FKIK Lakukan Sosialisasi Pedoman Karya Tulis Ilmiah

UIN Alauaddin Online - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar melakukan sosialisasi pedoman Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi dosen dan mahasiswa tingkat akhir, di Ruang Rapat Senat Rektorat Lantai IV, Jumat 5 April 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan I Dr Asriany Ismail M Si dan menghadirikan Prof Dr Sabri Samin M Ag, Dr Muljono Damopolii M Ag, Dr Subehan Khalik M Ag, Dr St Syamsudduha M Pd, dan Dr Arbianingsih, S.Kep Ns M.Kes sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Dr Asriany mengatakan adanya sosialisasi ini agar tidak ada lagi yang melakukan kesalahan dalam penulisan tugas akhirnya.

"Jikalaupun ada kesalahan, kita para pembimbing hanya memeriksa kontennya bukan lagi pada penulisannya," ucapnya.

Ia juga menambahkan, pada pedoman yang disosialisasikan telah dilengkapi dengan template, jadi mahasiswa sisa mengisi.

"Makadari itu, karena sudah ada templatenya yang disediakan jadi tidak ada lagi yang masalah margin, font, besar kecilnya logo pada sampul, dan lain-lain," tambahnya.

Salah satu narasumber, Prof Dr Sabri Samin, BA M Ag menyampaikan pada pedoman KTI terbaru hanya sebagian kecil yang terubah.

"Dari segi struktur sama saja, hanya ada beberapa penambahan pada bab seperti etika penelitian," tuturnya.

Lebih lanjut, Prof Sabri mengatakan ada lima hal yang harus diperhatikan ketika memeriksa KTI.

"Para dosen pembimbing, ketika memeriksa KTI mahasiswa harus memperhatikan lima hal yakni kesalahan ketik, kesalahan bahasa, teknik penulisan, kesalahan metodologi penelitian, dan substansi penelitian," Ia mengakhiri.

Previous Post WR III UIN Alauddin Makassar Tegaskan Akan DO Mahasiswa Terlibat Tawuran
Next Post Empat Mahasiswa FUF UIN Alauddin Juara Lomba Penulisan Makalah BPIP RI