Gambar FKIK Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan

FKIK Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan

UIN Alauddin Online - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar kuliah umum bertajuk Leadership Motivation "Learning Today, Leading Tomorrow" di Ruang Rapat Senat Rektorat Lantai IV, Kamis 4 April 2024.

Kuliah umum ini menghadirkan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr dr Ishaq Iskandar M Kes sebagai narasumber dan Dr Apt Karlina Amir Tahir M Si sebagai moderator.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan FKIK Dr dr Dewi Setiawati Sp OG M Kes dan dihadiri Wakil Dekan 1 Dr Asriany Ismail M Si, Wakil Dekan II Dr Fais Satrianegara MARS, Wakil Dekan III Dr Patima M Kep, Kepala Tata Usaha, para Kaprodi dan Sekprodi, serta Mahasiswa FKIK.

Dalam sambutannya, dr Dewi menuturkan mahasiswa sebagai penerus bangsa harus belajar leadership agar bisa menjadi pemimpin yang idaman.

"Kami berharap kalian dapat mengeksplor semaksimal mungkin untuk menjadi pemimpin yang diidam-idamkan dan bisa mengintegrasikan keilmuan serta keislaman," tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa mahasiswa harus banyak belajar, terutama dari pengalaman hidup seseorang karena kehidupan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Dr dr M Ishaq Iskandar M Kes sebagai narasumber pun menjelaskan, untuk menjadi pemimpin idaman harus memiliki karakteristik yang baik.

"Ada tujuh karakteristik yang harus dimiliki pemimpin yaitu berintegritas, optimis,menyukai perubahan, berdedikasi atau berkomitmen, katalistis, ulet, dan berani menghadapi masalah," jelasnya.

Lebih lanjut, Dr dr Ishaq menekankan bahwa silahturahmi dan relasi sangat penting dalam menjadi pemimpin yang ideal.

"Sebagai pemimpin jaman now, kita harus memiliki ciri-ciri antara lain berstandar digiial 4.0 dan 4.1, mampu berfikir kritis dan preskripsi, memiliki jangkauan tak terbatas, menerapkan kepemimpinan unbos, mempunyai jaringan multifungsi, cepat, tepat dan bermanfaat" tambahnya.

Terakhir ia mengingatkan bahwa silahturahmi dapat memperpanjang usia dan memperlancar rejeki.

Previous Post WR III UIN Alauddin Makassar Tegaskan Akan DO Mahasiswa Terlibat Tawuran
Next Post Empat Mahasiswa FUF UIN Alauddin Juara Lomba Penulisan Makalah BPIP RI