Gambar Edukasi Masyarakat Mengenai Hipertensi, Mahasiswa Profesi Ners Lakukan Penyuluhan Kesehatan.

Edukasi Masyarakat Mengenai Hipertensi, Mahasiswa Profesi Ners Lakukan Penyuluhan Kesehatan.

UIN Alauddin Online - Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar melakukan penyuluhan kesehatan mengenai hipertensi, di Desa Je’ne Madinging, Kabupaten Gowa, Senin 29 April 2024.

Penyuluhan tersebut dilakukan sebagai upaya mengedukasi masyarakat tentang bahaya hipertensi dan cara pencegahannya. 

Naurah Salsabila selaku pemateri menuturkan, hipertensi masuk dalam kategori penyakit tertinggi di dunia dan mematikan.

"Hipertensi bisa disebabkan karena keturunan, konsumsi garam berlebihan, obesitas, stress, merokok, minun alkohol, dan juga kurang berolahraga," ucapnya.

Ia pun menjelaskan, penyakit hipertensi bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

"Banyak orang yang mengidap hipertensi namun tidak merasakan gejala, nanti sudah parah atau komplikasi baru sadar. Sebelum itu terjadi, kita bisa mencegah dengan rutin melakukan aktivitas fisik selama 30 menit per hari, mengurangi asupan garam, berhenti merokok, kurangi stress, dan harus rutin memeriksa tekanan darah," jelasnya.

Selain melakukan penyuluhan, Mahasiswa Profesi Ners tersebut juga melakukan pemeriksaan kesehatan, senam bersama, dan demonstrasi pembuatan jus mentimun sebagai upaya mencegah penyakit hipertensi.

"Semoga setelah diadakan kegiatan ini, masyarakat di desa je'ne madinging khususnya dusun macinna, bisa lebih rutin memeriksa kesehatannya serta mengontrol tekanan darahnya supaya hal hal yang tidak diinginkan seperti hipertensi, bisa di atasi," Ia mengakhiri.

Previous Post FAH UIN Alauddin dan UIN Ar-Raniry Aceh Bahas Peningkatan Mutu Ilmu Humaniora
Next Post Kaprodi dan Sekprodi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Ikuti Raker ADBPBPTKI di Palembang