Gambar Dosen PBI UIN Alauddin Jadi Fasilitator Pelatihan Guru di Selayar

Dosen PBI UIN Alauddin Jadi Fasilitator Pelatihan Guru di Selayar


UIN Alauddin Online - Salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar, Muhammad Syahruddin Nawir, S.Pd., M.Hum., menjadi  fasilitator pada pelatihan guru se-Kabupaten Selayar yang dilaksanakan oleh Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) 2023 dalam rangka Hari Guru Nasional.

Kegiatan tersebut diadakan selama tiga hari, yakni pada hari Kamis-Sabtu, 23-25 November 2023 bertempat di UPT. SDN Benteng Selatan Nomor 1, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini serentak dilaksanakan secara nasional di lima daerah, yakni Nias Barat (Sumatera Utara), Kepulauan Aru (Maluku), Weda (Maluku Utara), Pulau Panjang (Jawa Tengah) dan Selayar (Sulawesi Selatan).

Pelatihan ini diikuti oleh 120 guru yang berasal dari berbagai sekolah yang tersebar di Kabupaten Selayar.

Kegiatan ini mengadirkan 30 relawan, sebagai narasumber, yang berasal berbagai daerah di Indonesia dengan latar belakang yang berbeda.

Syahruddin Nawir mengatakan, terdapat empat materi yang dibawakan pada pelatihan ini, yakni metode belajar kreatif, disiplin positif, literasi dan keterampiln digital, manajemen berbasis sekolah dan sustainability project.

“Ruang Berbagi Ilmu merupakan gerakan kerelawanan yang mengajak para profesional dari berbagai latar belakang, untuk terjun langsung dalam usaha peningkatan kualitas tenaga pendidik di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Selama tiga hari, para profesional, diajak hadir ke daerah untuk melakukan pelatihan dan pendampingan kepada guru, kepala sekolah, maupun tenaga pendidik lainnya, mengenai sebuah materi tertentu.

Semenjak diinisiasi oleh Indonesia Mengajar pada tahun 2015, Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) telah hadir di 74 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Tercatat 808 profesional dari berbagai latar belakang telah berangkat ke daerah penyelenggara RuBI.

Previous Post Memperkuat Kerjasama Antar Institusi, BSA FAH dan BSA IAIN Pare-Pare Tandatangani MoA
Next Post FAH UIN Alauddin Makassar dan Nasmedia.id Lakukan Kolaborasi Satu Buku Satu Dosen