Gambar Doktor Mirnawati Hasilkan Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: Pembelajaran Terintegra

Doktor Mirnawati Hasilkan Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: Pembelajaran Terintegra

UIN Alauddin Online - Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar sidang promosi doktor oleh Mirnawati S Pd M Pd, di Gedung Profesi Pendidikan Guru (PPG), Rabu 16 Oktober 2024.

Promovendus berhasil meraih gelar Doktor dengan IPK 3,98, setelah mempertahankan disertasi dengan judul "Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi Higher Order Thingking Skills di Perguruan Tinggi" dan mengahasilkan prototype buku berjudul "Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: Pembelajaran terintegrasi HOTS" yang mendukung keterampilan HOTS melalui konten holistik.

Dr Mirnawati mengungkapkan, tingkat validitas buku dengan kategori sangat tinggi menunjukkan peningkatan kualitas dari buku sebelumnya. Buku tersebut berpotensi meningkatkan kemampuan kritis, analitis, dan kreatif mahasiswa yang sangat dibutuhkan dalam pendidikan di perguruan tinggi serta dalam menghadapi tantangan dunia kerja. 

"Uji kepraktisan buku di lAIN Palopo mendapat respons positif, mayoritas dosen dan mahasiswa menyatakan buku ini relevan dan efektif untuk mengembangkan keterampilan HOTS, menunjukkan keefektifannya dalam lingkungan pendidikan. Hasil uji efektivitas terbukti terbukti efektif meningkatkan hasil pembelajaran dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi tuntutan dunia kerja dengan mengembangkan pemikiran kritis, analitis, dan kreatif," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan temuan tersebut memperkuat urgensi pengembangan bahan ajar yang mendukung keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Dosen tetap IAIN Palopo itu juga menyampaikan bahwa, buku tersebut disusun berdasarkan analisis kebutuhan sebelumnya dan melibatkan penggunaan teks keagamaan Islam sebagai materi pembelajaran, serta integrasi dengan konten budaya dan kearifan lokal. 

"Setiap bab dalam buku in dimulai dengan penjelasan teoritis yang mendalam untuk membangun pemahaman yang kuat bag pembaca. Studi kasus digunakan untuk memberikan konteks nyata bagi konsep yang dibahas, sementara latihan dan diskusi mendorong penerapan praktis dan pengembangan keterampilan HOTS," ucapnya.

"Buku ini dirancang untuk mendukung pemahaman dan penggunaan Bahasa Indonesia secara efektif, serta mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Evaluasi pembelajaran yang jelas dan relevan memberikan umpan balik kepada siswa dan membantu mereka dalam melacak dan meningkatkan pemahaman seta keterampilan HOTS mereka dalam Bahasa Indonesia," sambungnya.

Dalam presentasinya, Ia juga menjelaskan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) diperlukan di lingkungan perguruan tinggi berlatar belakang keagamaan Islam. 

"Mahasiswa dan dosen menyadari pentingnya integrasi HOTS dalam pembelajaran, meskipun masih menghadapi kendalandalam pemahaman materi yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan buku bahan ajar yang telah digunakan belum secara eksplisit mengintegrasikan HOTS, menunjukkan perlunya perbaikan dalam hal ini," jelas perempuan kelahiran Limbung itu.

"Implikasi dari hasil ini mengindikasikan perlunya melakukan peninjauan ulang dan memperbarui kurikulum serta metode pengajaran untuk mengintegrasikan HOTS di perguruan tinggi," Ia mengakhiri.

Previous Post FSH UIN Alauddin dan Mahkamah Agung RI Menggelar Seminar Nasional dan Desiminasi Penyempurnaan KHES
Next Post Pusat Peradaban Islam LP2M UIN Alauddin Uji Publik Pedoman Kampus Peradaban