Gambar Dema UINAM Sukses Gelar Indonesian Young Enterpreneur Summit Goes to Campus  Secara Virtual

Dema UINAM Sukses Gelar Indonesian Young Enterpreneur Summit Goes to Campus Secara Virtual

UIN Online - Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Alauddin Makassar mengadakan kegiatan Indonesian Young Enterpreneur Summit (IYES) Goes To Campus 2020 dengan tema “Strategi Nasional Pembangunan UMKM di Masa New Normal; solusi Berkelanjutan dan Upaya Pemulihan”, dengan menghadirkan beberapa tokoh Nasional seperti, Sandiaga Uno, Kamrussamad (Anggota Komisi XI DPR RI), Achmad Dirgantara (Kepala Incubator Program BEI), dan dua Narasumber lokal yakni Andi Rahmat Manggabarani (Ketua BPD HIPMI Sul-Sel) dan perwakilan kampus Dr. M. Wahyudin Abdullah selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fak. Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, dan dipandu oleh Muhammad Yusuf (Owner Kopi Tiro Padang) selaku Moderator. Sabtu, 5 September 2020 .

Presiden Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Ahmad Aidil Fahri mengatakan bahwa UMKM menjadi sektor yang terkena dampak cukup besar ketika pandemi COVID-19. Tak sedikit yang kolaps atau gulung tikar, sehingga banyak orang kehilangan banyak pendapatan. Namun, diera New Normal, ekonomi dan terutama UMKM perlahan bangkit dan mulai gencar mencari strategi baru dalam upaya bertahan, untuk itulah kegiatan ini hadir sebagai wadah diskusi untuk mencari solusi bersama.

Selain itu, Wakil Rektor III UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. Darussalam Syamsuddin dalam sambutannya sangat mengapreasiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DEMA UIN Alauddin Makassar dengan mengangkat tema sangat solutif.

“sekarang kita sudah masuk diera New Normal dan UMKM adalah salah satu hal yang perlu untuk dibahas dan apresiasi kepada DEMA UIN Alauddin Makassar yang telah membahas UMKM dalam sebuah kegiatan dialog”.

Beberapa strategi yang dilakukan UMKM untuk tetap bertahan selama masa pandemi adalah dengan memberikan stimulus pada sisi permintaan, mendorong platform online untuk memperluas kemitraan UMKM, mencari pasar baru dan memberikan potongan harga. Sedangkan untuk program pemulihan ekonomi Nasional dalam bentuk bantuan yakni bantuan sosial produktif sebesar 30 Triliun untuk 12 Juta UMKM, stimulus bagi pengusaha kecil termasuk ultra mikro dalam bentuk bantuan Rp. 2,5 Juta. Ungkap Kamrussamad

Selain itu Sandiaga Salahuddin Uno yang juga merupakan Narasumber pada kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa UMKM adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan perekonomian nasional dan peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam membantu pelaku UMKM dengan cara mencintai produk lokal.

Dalam kegiatan tersebut Sandiaga Uno juga memberikan quis kepada peserta, 5 pemenang quis mendapatkan merchandise dari The Sandi Uno Official.

Previous Post UIN Alauddin Makassar Terakreditasi Unggul
Next Post Gelar Tadarus dan Bukber, DWP UIN Alauddin Makassar Pererat Silaturahmi dan Kualitas Ibadah