Gambar Alumni Pendidikan Biologi UIN Alauddin Adakan Reuni Akbar

Alumni Pendidikan Biologi UIN Alauddin Adakan Reuni Akbar

UIN Online - Bertempat di Training Center, Kampus I UIN Alauddin, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Jurusan Pendidikan Biologi mengadakan Reuni akbar sekaligus temu ilmiah pada hari Sabtu (7/7/2012) lalu. Pada reuni juga digelar Seminar Karya Ilmiah, Musyawarah Besar I, IKA Pendidikan Biologi.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Pendidikan Biologi, Dekan Fakultas Tarbiyah, Pembantu Rektor III, alumni dan mahasiswa pendidikan biologi.
Kegiatan ini adalah pertama kalinya dilakukan untuk tingkatan prodi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

“Kegiatan ini berangkat dari sharing dengan beberapa orang alumni tentang, hal-hal yang ingin kita sumbangkan untuk almamater kita dan keyakinan bahwa suatu kampus yang solid juga dipengaruhi oleh alumni yang solid,” kata ketua panitia, Jusman Tarikh, S.Pd.

Ketua Jurusan Pendidikan Biologi, Drs Safei, M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Selain itu, ia juga menyinggung masalah akreditasi jurusan yang saat ini tengah dalam proses penilain BAN PT.

“Seberapa besar kiprah alumni juga berpengaruh pada akreditasi jurusan, maka dari itu kita berharap secepatnya nilai akreditasi C berubah menjadi A. Semoga bisa menjadi raihan terbaik di kampus UIN Alauddin Makassar,” tambahnya.

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Siti Syamsuduha sebagai perwakilan dari ketua IKA Fakultas Tarbiyah yang tidak sempat hadir pada kegiatan tersebut.

“Harapan untuk IKA Prodi Pendidikan Biologi ini kedepannya adalah agar dapat menelusuri di mana saja alumninya berkiprah sejauh ini, agar di kegiatan selanjutnya bisa dihadiri lebih banyak alumni lagi. Bukan hanya oleh empat angkatan terakhir,” ujarnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Salehuddin Yasin menambahkan, bukan hanya alumni empat tahun terakhir yang diharapkan hadir. "Tapi seluruh angkatan karena yang dimaksud alumni itu adalah orang-orang yang pernah belajar di Pendidikan Biologi UIN Alauddin,” ujarnya.

Pembantu Rektor III, M. Natsir Siola menegaskan mengenai pembangunan gedung IKA yang sementara ini dibangun. “Dua tahun lalu telah dilakukan peletakan batu pertama, sekarang sudah di pondasi tinggal menunggu uluran tangan dari para alumni,” candanya.

Seminar Ilmiah ini diisi oleh dua pemateri, Asrijal SPd MPd, dengan judul “Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Tipe NHT SMA Negeri 9 Makassar” dan Srimaya SPd MPd dengan judul “Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pangkajene”. (*)

Previous Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran
Next Post Kenalkan Perpustakaan ke Maba, Dr. Andi Ibrahim Tegaskan Gerbang Sukses Akademik Mahasiswa