Gambar 700 Mahasiswa FTK UIN Alauddin Ikuti Pembekalan PLP 2 Daring, Dekan FTK Berikan Pesan Penting

700 Mahasiswa FTK UIN Alauddin Ikuti Pembekalan PLP 2 Daring, Dekan FTK Berikan Pesan Penting

UIN Alauddin Online - Kurang lebih 700 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar mengikuti pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual, Senin, 27 September 2021.

Dekan FTK UIN Alauddin Makassar Dr H A Marjuni mengatakan pembekalan PLP 2 ini untuk memberikan arahan dan gambaran kepada mahasiswa yang mengikuti PLP 2 di sekolah agar dalam pelaksanaanya dapat berjalan sesuai mekanisme yang ada.

Dr Marjuni juga berpesan kepada peserta PLP 2 untuk memahami empat poin kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional seorang guru.

“Di PLP 2 ini, kita harap anak-anak mahasiwa mampu memahami seluruh atmospir yang ada pada lingkungan sekolah,” katanya saat sambutan di hadapan mahasiswa dan dosen pembimbing.

Dengan begitu, lanjutnya, mahasiswa dapat memahami manajemen sekolah, memahami pengembangan kurikulum dan memahami peran serta masyarakat. 

“Jadi guru itu harus kreatif, agar siswa cerdas dan madrasah atau sekolah bermartabat,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia PLP 2, Nursalam S Pd, M Si menjelaskan bahwa PLP 2 merupakan salah satu mata kuliah wajib di FTK UIN Alauddin Makassar dengan bobot 3 Satuan Kredit Semester (SKS) atau setara 510 menit per pekan.

Dia mengatakan PLP 2 ini mulai dilaksanakan 27 September 2021 hingga 13 Desember 2021 secara full daring mulai dari orentasi atau pembekalan mahasiswa hingga ujian praktik di 16 sekolah mitra level RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.

PLP 2 daring ini kata dia, menggunakan sistem blok, yaitu blok 1 sampai 4 dan ujian praktik. Blok 1 mencakup pembekalan mahasiswa, refreshmen dosen pembimbing (DP) dan guru pamong (GP).

Kemudian membicarakan dan menyepakati teknis pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan secara daring dan terkahir menyusun persiapan pelaksanaan kegiatan berikutnya.

Selanjutnya blok 2, mahasiswa melakukan observasi pembelajaran yang dilakukan oleh GP dan pada tahap ini mahasiswa bisa terlibat 25?lam aktivitas pembelajaran, yakni refleksi pembelajaran.

“Menyusun perencanaan untuk kegiatan blok 3, dan juga blok 4 yang akan diakhir dengan ujian praktik,” jelas Nursalam, dosen FTK UIN Alauddin Makassar itu.

Dia juga menyebut materi yang disajikan selama pembekalan PLP 2 daring diantaranya, kebijakan FTK UIN Alauddin Makassar melaksanakan PLP 2 daring, teknis pelaksanaan PLP 2 daring, mengelola pembelajaran secara daring.

“Pengembangan LKPD daring, pembuatan video pembelajaran, instrumen penilaian, refleksi pembelajaran dan manajemen berbasis madrasah dan kepemimpinan kepala madrasah, pengembangan aplikasi MBM,” pungkasnya. 

Previous Post Rektor UIN Sunan Kalijaga Beri Tauziah Pada Acara Buka Puasa Bersama UIN Makassar
Next Post UIN Alauddin Makassar Gelar Buka Puasa Bersama