Gambar 40 MB Kecepatan Internet UIN

40 MB Kecepatan Internet UIN

UIN Online - Pusat Komunikasi (Puskom) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengganti jasa provider internet. Dari sebelumnya memiliki kapasitas bandwidth (kecepatan internet) hanya 15 MB menjadi 40 MB.

Penambahan kapasitas bandwidth UIN itu tak lepas dari pergantian provider internet yang dulun dipegang PT Likonet, kini dialihkan ke CV ITCOM. Hal ini pun dijelaskan oleh kepala puskom, Ridwan Andi Kambau MT MKom, Jum'at (1/4/2011).

"Sejak 31 Maret 2010 provider internet kita disediakan oleh PT Likonet yang di back up oleh PT Icon Plus. Mereka merupakan anak perusahaan dari PLN. Tapi terhitung 1 April 2011 sampai 31 Maret 2012 provider dipegang CV ITCOM yang di back up oleh Telkom," kata Ridwan.

Jika dikaitkan dengan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) yang mensyaratkan untuk akreditasi A, akses internet untuk setiap mahasiswa sekitar 0,75kbps per mahasiswa.

Di UIN Alauddin, dengan kapasitas bandwith yang baru bisa mencapai 3,3 kbps per mahasiswa. Sementara itu mahasiswa yang menggunakan akses internet setiap harinya sekitar 500-1000 orang.

"Jadi dengan bandwith baru, kita sudah lebih mencukupi standar akreditasi A yang ditetapkan dari BAN PT," ujar Ridwan Andi Kambau RT MKom saat ditemui di ruangannya. (*)
Previous Post Andi Muhammad Syafar, Dosen UINAM Tekankan Pentingnya Literasi IT Berbasis Medsos di Tengah Gempuran
Next Post Kenalkan Perpustakaan ke Maba, Dr. Andi Ibrahim Tegaskan Gerbang Sukses Akademik Mahasiswa