Gambar 30 Mahasiswa FSH UIN Alauddin Melaksanakan KKN Terintegrasi di Labuan Bajo

30 Mahasiswa FSH UIN Alauddin Melaksanakan KKN Terintegrasi di Labuan Bajo

UIN Alauddin Online- Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengirim 30 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terintegrasi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur,  Sabtu, 30/09/2024.

KKN terintegrasi ini sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam proses akademik dan perwujudan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Mahasiswa-mahasiswa tersebut ditempatkan pada tiga instansi yang berbeda, yaitu Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, dan Kejaksaan Labuan Bajo.

Para mahasiswa mengikuti program ini akan tinggal selama 45 hari terhitung sejak kedatangan hingga kepulangannya nanti ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk memastikan seluruh kegiatan berjalan dengan lancar FSH mengirim beberapa dosen ke lokasi KKN terintegritas yakni Dr Abdul Wahid Haddade, Prof Dr A Marjunj, dan Abd Rais Asmar.

Program KKN terintegritas ini diinisiasi oleh FSH yang bekerjasama dengan pihak LP2M UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh fakultas yang sebelumnya terinspirasi dari pengalaman fakultas tarbiyah dan keguruan yang telah memprakarsai kegiatan Praktek Pengenalan Lapangan (PKL) di beberapa institusi yang ada di Labuan Bajo.

Dekan FSH, Dr H Abd Rauf Muhammad Amin Lc  M A, mengungkapkan bahwa kegiatan egiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pencerahan kepada mahasiswa tentang persoalan hukum yang terjadi dan mengemuka di tengah masyarakat secara rill karena sering terjadi gap antara pengalaman teoritis dan lapangan 

"Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa untuk melihat dunia luar sehingga mereka bisa merubah mindsetnya yang masih jago di kandang dan masih seperti katak dalam tempurung," ungkapnya

Previous Post Mahasiswa Teknik Informatika UIN Alauddin Raih Prestasi, Dekatkan Visi Program Studi Unggul
Next Post UIN Alauddin Makassar Peringati Maulid Nabi Muhammad, Ada Lomba Hias Kaddo Minyak