facebook

twitter

email
Bahasa :
Kamis, 13 Desember 2018


Jumat, 23 November 2018 | Nurfadhillah Bahar


UIN Online--Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar menggelar Biologi Learning Fair (Bioleaf) di Gedung Auditorium UIN Alauddin Makassar. Selasa (20/11/2018)
Kegiatan yang bertajuk Peran Generasi Saintis ini berlangsung selama 4 hari, tercatat mulai 20-23 November yang diikuti siswa siswi SMA/MA sederajat dan mahasiswa tingkat Sulselbar.
Ketua Panitia Bioleaf, Rahul Roy Askar menuturkan bahwa Bioleaf merupakan ajang kompetisi yang menjadi  agenda tahunan HMJ Biologi.
Ada 10 item lomba, ada 3 item khusus mahasiswa dan 7 item khusus siswa SMA, jelasnya.
Adapun item lomba di antaranya, debat ilmiah, Musabaqah Syahril Quran (MSQ), Speech, Story Telling, Ranking 1, Akustik, Miniekosistem, Karya Tulis Ilmiah, Debat, dan Orasi Ilmiah.
Ketua HMJ Biologi, Fatimah Mansir mengatakan Bioleaf adalah agenda tahunan yang mulai aktif dilaksanakan sejak 2013 yang merupakan ajang kompetisi tingkat SLTA yang dilingkup Gowa pada mulanya. Kegiatan ini merupakan kegiatan terbesar yang diselenggarakan HMJ Biologi. 
Harapan kami semoga biolief yang keenam ini dapat berjalan dengan lancar. Bagi yang menang dalam ajang kompetisi ini saya ucapkan selamat dan yang kalah jangan patah semangat, ujarnya.
Sementara itu, Ketua Jurusan Biologi, Mashuri Masri menuturkan bahwa kegiatan bioleaf tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yakni telah mengkombinasikan lomba untuk tingkat SLTA dan mahasiswa.
Alhamdulillah, tahun ini ada 15 sekolah dan 3 universitas dari Unhas, UNM dan UIN Alauddin sendiri, ujarnya.
Menurutnya, sejauh ini Jurusan Biologi telah mengupayakan para mahasiswanya untuk terus berinovasi melalui karya-karya baik berupa tulisan maupun temuan-temuan ilmiah lainnya.
Kemarin kita kerjasama dengan UKM RITMA, lomba karya tulis ilmiah nasional, Alhamdulillah anak semester satu saya wajibkan ikut, kita bisa lihat betapa percaya dirinya orang orang Jawa memberikan ide dan gagasan. Semoga itu bisa menjadi motivasi bagi kalian minimal bisa seperti mereka, kata dia. 
Sementara itu, Jurusan Biologi juga sementara menyiapkan borang akreditasi dan diperkiarakan akan dikirim pada bulan Desember. 
Mudah mudahan jurusan biologi menjadi jurusan pertama yang mendapatkan akreditasi A di UIN Alauddin. Kalau jurusan agama yang memang sudah lama hadir di UIN mendapat akreditasi A itu sah sah saja, tapi kalau jurusan biologi yang baru 13 tahun itu adalah hal yang luar biasa, tandasnya.
 
Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Hafsan
16 Oktober 2018

Tenaga pendidik dan peneliti pada Jurusan ... Selengkapnya



oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]