facebook

twitter

email
Bahasa :
Jumat, 19 Oktober 2018


Selasa, 17 April 2018 | Nurishna


UIN Online - Adzan Irman, laki-laki kelahiran Kalitata 03 Juni 1996 merupakan lulusan terbaik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar dengan IPK 4.00 lulus dalam waktu 3.5 tahun dan menjadi satu-satunya mahasiswa Jurusan Jurnalistik angkatan 2014 yang akan wisuda periode April 2018 mendatang.

Dengan judul skripsi Analisis Tekhnik Penulisan Berita Pada UIN Online, anak dari pasangan Irman dan Jumiati berhasil menyelesaikan studi strata satu dengan predikat cumlaude.

Ia menyebutkan, awalnya justru menargetkan untuk wisuda pada periode Desember 2017. Hal ini karena seminar proposalnya setelah selesai pada bulan September, sehingga ia berencana mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada bulan Oktober. Sayangnya KKN untuk angkatan 2014 baru dilaksanakan pada Desember.

Setelah selesai melaksanakan KKN, ia pun segera melengkapi berkas untuk ujian komperhensip. Dengan niat, doa dan usaha yang keras, ujian komprehensip selesai dilakukan dalam waktu dua hari. Ia pun kembali fokus menyelesaikan skripsi. Pada pertenghan Maret, Adzan mengaku bahwa sempat merasa ragu dan pesimis untuk bisa menyelesaikan studi bulan Maret lalu karena pembimbingnya waktu itu sedang ada urusan keluar kota.

Semangat untuk menyelesaikan studi rupanya menjadi alasan kuat sehingga Adzan bisa menyelesaikan studi dalam kurun waktu yang boleh dibilang sangat cepat. Bahkan ketika salah seorang dosen pembimbingnya sedang berada diluar kota yaitu Polewali, Adzan sempat berencana untuk mendatanginya kesana. Beruntung, karena dosen tersebut kembali ke Makassar sebelum Adzan mengejarnya ke Polewali. Selesai bimbingan, adzan seminar proposal pada 23 Maret 2018. Tiga hari setelah itu barulah ia ujian munaqasyah atau tutup.

Laki-laki yang pernah menjabat sebagai setretaris IMM Komisariat Dakwah dan Komunikasi ini pun membeberkan bahwa motivasi terbesarnya adalah orangtua. Sejak awal masuk kuliah di UIN Alauddin Makassar hingga meraih gelar S.I.Kom Adzan mengaku selalu meminta izin dan restu orangtua setiap ingin melakukan sesuatu.

Setelah selesai wisuda, Adzan berencana akan melanjutkan S2 di Universitas Indonesia atau Universitas Padjajaran karena menurutnya, kedua kampus tersebut yang paling bagus Jurusan Ilmu Komunikasinya.

Mau lanjut S2 doakan saja UI atau Padjajaran karena kampus yang bagus ilmu komunikasinya yah yang dua itu, terangnya.

Ia pun berharap kedepannya agar bisa jadi lebih baik, lebih membanggakan orangtua, dan lebih bermanfaat untuk sesama.

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Hafsan
16 Oktober 2018

Tenaga pendidik dan peneliti pada Jurusan ... Selengkapnya



oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]