facebook

twitter

email
Bahasa :
Kamis, 21 September 2017


Selasa, 11 Juli 2017 | Saefullah


UIN ONLINE - Judul Skripsi merupakan langkah awal yang harus di buat kemudian dikonsultasikan dan diajukan untuk membuat sebuah skripsi. Menentukan judul, sebahagian mahasiswa sering mengalami banyak kesulitan, mencari, membuat, atau menemukan judul untuk skripsi. Demikian sehingga mereka dalam membuat judul skripsi sering ditemukan cenderung sama dengan judul skripsi yang diajukan oleh mahasiswa sebelumnya.

Marilang, dosen di Jurusan Ilmu Hukum (IH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar membenarkan adanya kecenderungan mahasiswa atau mahasiswi sekarang yang membuat judul skripsi hampir sama dengan mahasiswa lainnya. Misalnya tentang ganti rugi pembebasan tanah, yang lain juga ikut mengambil tema yang mirip-mirip dengan judul tersebut. Melalui akun WatsApp-nya Rabu,06/07/2017, menegaskan saya menerima banyak judul yang seperti itu.
Dengan demikian untuk membangun karakter keilmuan mahasiswa yang lebih jeli dalam pembuatan skripsi dan lebih berkualitas. Dimana judul adalah pondasi awal untuk membuat skripsi. Sehingga ia menyarankan untuk diadakan tim khusus menyeleksi judul. "Saran saya kalau bisa dibuatkan dasar hukum pembentukan Tim Penggodok Judul seperti di UNM, supaya sebagian kegiatan akademik tidak terpusat di jurusan saja dan khusus mengenai judul, Tim bisa konsentrasi disitu dan mudah-mudahan tambah lebih baik lagi".
Menanggapi hal di atas, Rahman Syamsuddin, sekretari jurusan IH-FSH UIN Alauddin Makassar langsung merespon dengan memberikan kabar gembira. Menurutnya, ini merupakan hal yang baik untuk lebih meningkatkan kualitas keilmuan mahasiswa dan untuk kemaslahatan pengembangan jurusan yang lebih berkualitas, khususnya kualitas alumni yang dilahirkan. Dengan demikian ia pun akan segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) untuk tim khusus penggodok judul skripsi di jurusan Ilmu Hukum.
"Hal ini dilakukan agar judul Skripsi mahasiswa orisinil bukan hasil plagiat dan memudahkan mahasiswa dalam menyusun skripsi dan menyelesaikan tepat waktu dan segera akan diberlakukan di semester ganjil 2017/2018. Tim itu terdiri dari perwakilan dosen pidana, perdata, tata negara dan jurusan, semuanya empat orang dalam satu tim," jelasnya.
Tujuan utama pengadaan tim khusus ini, agar karya ilmiah mahasiswa lebih berkualitas dan mencegah dari plagiarisme. Harapannya dengan adanya tim khusus untuk seleksi judul skripsi di jurusan Ilmu Hukum supaya mahasiswa bisa selesai tepat waktu. Dan dengan adanya saran dari dosen-dosen dan juga partisipasi dari mahasiswa seperti di atas, maka jurusan ilmu hukum kedepannya diharpakan akan lebih baik.
"Saya yakin Ilm Hukum FSH UIN Alauddin Makassar bisa lebih baik. Kami mohon saran-saran semua dosen dan mahasiswa agar kita bisa lebih baik".
Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]