Gambar Warga Rusia Bakal Kuliah di UIN Alauddin

Warga Rusia Bakal Kuliah di UIN Alauddin

UIN Online - Cita-cita Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar sebagai World Class University dalam waktu beberapa tahun akan segera terwujud. Hal ini menjadi angin segar setelah beberapa kerja sama berskala internasional dilakukan. Bahkan dalam kurung waktu 1-2 tahun ini beberapa warga Rusia bakal kuliah di UIN Alauddin Makassar.

Hal ini diungkapkan Kepala Internasional Office UIN Alauddin, Andi Muh Ali Amiruddin MA ketika ditemui reporter UIN Online, Selasa (28/06/2011). "Insya Allah dalam jangka waktu 1-2 tahun, warga Rusia akan kuliah di UIN Alauddin," ujarnya.

Menurut Andi Ali, program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Agama dan pihak Rusia yang difasilitasi oleh Kedutaan Besar Indonesia di Rusia. Kerjasama tersebut seperti riset tentang Islam oleh dosen UIN di Rusia dan program kuliah warga Rusia di Indonesia.

Namun, sampai sekarang hanya beberapa UIN yang masuk dalam kerjasama tersebut yaitu UIN Jakarta, UIN Malang, serta UIN Jogjakarta.

Sekretaris jurusan Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin dan Filsafat ini menambahkan bahwa UIN Alauddin dalam waktu beberapa tahun lagi juga akan ikut bersama tiga UIN sebelumnya. "kami telah berupaya untuk mewujudkan hal ini, kalau tahun ini UIN Alauddin belum bisa masuk dalam kerjasama tersebut, insya Allah tahun depan sudah bisa," ujarnya.

"Kita punya potensi untuk mendatangkan warga Rusia kuliah di UIN Alauddin, fasilitas sudah tersedia seperti asrama, beasiswa, transportasi, dan sebagainya, apalagi pimpinan universitas sangat mendukung program ini," ujarnya. (*)

Previous Post Mahasiswa Keperawatan 2023 Adakan Baksos Sebagai Aktualisasi Pengabdian Masyarakat
Next Post Aktualisasi Teori, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Lakukan Kunjungan ke Prokopim Kota Makassa