Gambar UKA Merupakan Bagian Peningkatan Sertifikasi Guru 2012

UKA Merupakan Bagian Peningkatan Sertifikasi Guru 2012

UIN Online - Ujian Kompetensi Awal (UKA) bagi Guru Agama pada RA/ MI/ MTs/ MA yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, Sabtu (28/04/2012) hari ini adalah bagian dari upaya peningkatan model Sertifikasi Guru 2012.

Hal itu diungkapkan Kabid Mapenda Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Drs H Darwis Hamsah MPd, kepada UIN Online, usai memantau jalannya ujian kompetensi awal di Kampus I UIN Alauddin, Sabtu (28/04/2012).

“Jadi Ujian Kompetensi Awal (UKA) ini adalah bagian dalam rangka meningkatkan model sertifikasi guru dari apa yang telah dilakukan sebelumnya, tahun yang lalu itu tidak dilaksanakan UKA, baru tahun ini dilaksanakan,” ujarnya.

Darwis Hamsah menambahkan bahwa upaya-upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru agama. “Sementara kita melakukan evaluasi, dan sejauh ini beberapa indikator terlihat bahwa guru yang telah disertifikasi memiliki perbedaan dengan yang belum disertifikasi dari segi kualitasnya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Sertifikasi Guru (Sergu) Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) Rayon 212 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin, Dr H Salehuddin Yasin MAg mengungkapkan bahwa UKA bertujuan untuk memetakan kemampuan guru yang bersangkutan.

Hasil seleksi uji kompetensi ini kemudian akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). “Jadi harus dipastikan seluruh peserta Sertifikasi Guru 2012 mengikuti UKA karena ini menjadi acuan dalam pengelompokan PLPG,” ujar mantan Pembantu Rektor III UIN Alauddin ini.

Salehuddin menambahkan bahwa PLPG rayon UIN Alauddin direncanakan akan berlangsung pada pekan ketiga Bulan Mei 2012 yang dipusatkan di Makassar, dengan lokasi di beberapa tempat yang telah ditentukan panitia. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik