Gambar UIN Kerja Sama dengan Kecamatan Parigi

UIN Kerja Sama dengan Kecamatan Parigi

UIN Online – Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan kerja sama dengan Kecamatan Parigi, Gowa, untuk melakukan pembinaan kehidupan keagamaan.

Kerja sama ini diteken Pembantu Rektor IV UIN Bidang Kerja Sama, Prof Dr Phil H Kamaruddin MA dan Kepala  Kecamatan Parigi, H Mulyadi Kr Kulle SE, Sabtu (30/4/2011).

Kerja sama kedua pihak ini terdiri enam kesepakatan. Kesepakatan itu yakni, pembinaan keagamaan (dakwah dan majelis taklim), pendidikan dasar lanjutan (baca tulis Al Qur’an).

"Lalu peningkatan ekonomi masyarakat, penyuluhan kesehatan, peningkatan usaha pertanian dan peternakan dan pengembangan teknologi yang berbasis pedesaan dan pembinaan budaya lokal," kata Prof Kamaruddin.

“UIN Alauddin Makassar mendapatkan projek dari Kanada yang memberdayakan masyarakat. Disini UIN akan membina desa-desa binaan UIN Alauddin,” ujar PR IV saat menyampaikan sambutan.

Menurut Kepala Bagian Kerja sama Majelis Taklim Alauddin Manimbahoi, Drs Irwanuddin MM poin kerja sama itu wujud tanggung jawab UIN Alauddin terhadap program pemerintah desa yang dibina oleh UIN Alauddin.

"Ke enam poin itulah yang akan kita lakukan didesa binaan. UIN Alauddin Makassar menyediakan SDM seperti dosen-dosen yang nantinya akan mengajarkan mereka mengaji, dan pemahaman agama," ujarnya.

Tak hanya penandatangan MoU tapi juga warga Desa Majennang yang ingin mewakafka tanahnya sekitar 1.900 meter untuk dibangun sebuah pesantren didikan UIN Alauddin Makassar.

“Antusias warga untuk belajar pendidikan agama inilah sehingga warga yang ingin mewakafka tanahnya untuk dibangun sekolah binaan UIN Alauddin Makassar,” ujar Kepala Desa Majannang, Syafaruddin Lantara S E.

Sementara menurut Pembantu Rektor IV UIN Alauddin Makassar, Prof Dr Phil H Kamaruddin MM, untuk rencana pendirian pesantern binaan UIN Alauddin saya rasa itu hal yang sukup bagus. Hal ini akan kami follow up dan membicarakannya di rapat pimpinan (Rapim). (*)
Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik