Gambar UIN Alauddin Targetkan Pendaftar Capai 50 Ribu

UIN Alauddin Targetkan Pendaftar Capai 50 Ribu

UIN Online - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar memasang target pada penerimaan mahasiswa baru 2012 ini, minimal 50 ribu orang pendaftar. Tahun 2011 lalu pendaftar di UIN Alauddin mencapai 48 ribu-an orang.

Target penerimaan calon mahasiswa baru (maba) tersebut disampaikan oleh Rektor UIN, Prof Dr Qadir Gassing HT MS usai melantik pejabat Eselon III dan IV di Rektorat lantai IV, Samata Gowa, Jumat (03/02/2012). "Target pendaftar tahun ini minimal 50 ribu pendaftar," ujarnya.

Rektor juga menekankan bahwa meskipun UIN tidak menerima banyak mahasiswa bukan berarti kekurangan gedung. Melainkan kekurangan tenaga pengajar atau dosen. Tahun ini, maba yang akan diterima UIN Alauddin mencapai 3.500-an orang, sama seperti tahun lalu.

"Akan turun Dikti untuk survey ke UIN. Untuk dekan, ada dua kekurangan di UIN. Yakni rasio antara mahasiswa dan dosen. Dan kekurangan dosen berapa di tiap jurusan yang baru. Itu semua akan dilaporkan ke Diktis,"pungkasnya lagi.

Ia juga menekankan agar ketika ada survey ke fakultas agar semuanya terbuka dan mengatakan yang sebenarnya. Karena Diktis akan bantu untuk perbanyak dosen.

Sementara itu, rektor meminta pembantu rektor I, tidak membuka jalur penerimaan Ujian Masuk Bersama (UMB) atau Jalur Mandiri sebelum ada pengumuman hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB PTAIN).

"Ada kecenderungan di masyarakat yang hanya mendaftar lewat UML saja lantaran di jalur itu dinilai lebih mudah terjaring. Meski sebetulnya peluang untuk lulus hampir sama," pungkas Prof Qadir. (*)

Previous Post Mahasiswa Keperawatan 2023 Adakan Baksos Sebagai Aktualisasi Pengabdian Masyarakat
Next Post Aktualisasi Teori, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Lakukan Kunjungan ke Prokopim Kota Makassa