Gambar UIN Alauddin Raih Penghargaan Nasional ICT

UIN Alauddin Raih Penghargaan Nasional ICT

UIN Online - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mendapat penghargaan skala nasional dalam bidang Information Communication and Technology (ICT), Rabu (28/3) lalu.
    
Penghargaan diraih pada kategori "The Most Committed Public University in ICT Implementation" dari PT Gamatechno Indonesia, pada acara Ulang Tahun Gamatechno yang ketujuh di University Club Hotel, Universitas Gajah Mada.
    
Penghargaan ini diserahkan langsung Direktur PT Gamatechno Indonesia Muhammad Aditya AN kepada Kepala Pusat Informasi dan Komputer (Puskom) UIN Alauddin Makassar, Ridwan A Kambau disaksikan Wakil Rektor I dan II Universitas Gadjah Mada di Kampus UGM Yogyakarta.
    
Menurut Ridwan, penghargaan diberikan karena UIN Alauddin dari 63 klien universitas di Indonesia, dinilai cepat dalam melakukan implementasi Sistem Informasi Manajemen Kampus dan memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan ICT.
    
"Jadi penghargaan ini diberikan karena kita dinilai cukup tanggap dalam melakukan implementasi dan analisa serta pendekatan yang tepat dalam mengantisipasi persoalan ICT di kampus," ungkapnya.
    
Ridwan menambahkan bahwa semua ini merupakan penghargaan terhadap kinerja bagian ICT UIN Alauddin (Tim Puskom) dan dukungan dari Pimpinan UIN Alauddin serta peran serta civitas akademika di Fakultas yang terus ingin melakukan perbaikan-perbaikan dan pengembangan di bidang ICT.

Dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) ini mengungkapkan bahwa target ICT di UIN Alauddin sebenarnya masih cukup jauh yaitu semua sistem informasi manajemen kampus.

Sistem tersebut terdiri dari Sistem Informasi Akademik, Sistem Informasi Perencanaan & Keuangan, Sistem Informasi Kepegawaian, Sistem Informasi Aset, Sistem Informasi Penelitian & Pengabdian Masyarakat, Sistem Informasi Perpustakaan & Digital Library, Sistem Informasi Beasiswa, Sistem Informasi Alumni dan Karir, serta Sistem Informasi Penunjang Pengambilan Keputusan harus sudah terimplementasi dalam 2(dua) tahun dan digunakan oleh seluruh civitas akademika.

"Sejauh ini implementasi ICT UIN Alauddin masih di kisaran 40%, dan untuk mencapai target (semua sistem terimplementasi) masih membutuhkan kerja keras dan komitmen yang kuat dari pimpinan Universitas dan seluruh civitas akademika," ujarnya.

Selain itu dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat kembali memotivasi seluruh civitas akademika UIN Alauddin untuk mulai serius menggunakan sistem informasi.

"Kalau orang dari luar UIN Alauddin saja menilai kita telah bekerja dengan baik dalam implementasi ICT artinya kita telah berada pada jalur yang  tepat dalam implementasi ICT, maka saya berharap seluruh civitas akademika untuk terus menerus melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja sistem informasi manajemen yang menjadi tanggung jawabnya, agar tahun depan penghargaan ini dapat kita raih kembali," ujarnya.

PT Gamatechno Indonesia merupakan anak perusahaan dari UGM Jogjakarta yang bergerak di pengembangan Sistem/ Solusi di bidang Akademik dan memiliki kurang lebih 63 klien Perguruan Tinggi di Indonesia.

Selain Solusi Akademik, Gamatechno juga memiliki solusi e-Goverment serta Solusi Competency Development Program (Pengembangan SDM di bidang ICT).  UIN sendiri menggunakan system dari PT Gamatechno sejak April 2011. (*)

Previous Post Tim LDRH UIN Alauddin Juara 2 Kompetisi Essay Hukum Tingkat Nasional
Next Post Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar Raih Juara Kategori Video Ter-estetik