Gambar UIN Alauddin Makassar Adakan Kuliah Umum, Hadirkan Imam Besar Masjid New York

UIN Alauddin Makassar Adakan Kuliah Umum, Hadirkan Imam Besar Masjid New York

UIN Alauddin Online - UIN Alauddin Makassar mengadakan kuliah umum di aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Kampus II, Selasa 15 Oktober 2024.

Kuliah umum ini menghadirkan narasumber, Imam Besar Masjid New York Ustadz Shamsi Ali. Acara ini bertajuk Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Kontemporer dan Politik Islam Berbasis Global.

Direktur Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, yang menekankan pentingnya dakwah yang mengikuti perkembangan zaman. 

Menurut Dia, dakwah saat ini tidak hanya melalui mimbar, tetapi juga harus memanfaatkan media komunikasi modern, termasuk media digital.

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis, Ph.D., dalam sambutannya menyatakan bahwa ajaran Islam merupakan rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil'alamin). 

Oleh karena itu, pesan-pesan Islam harus disampaikan dengan cara yang santun dan menyesuaikan dengan karakteristik generasi milenial dan Gen Z. Teknologi digital menjadi sarana penting untuk menyampaikan dakwah yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

Imam Syamsi Ali, dalam pemaparannya, menguraikan strategi dakwah di Amerika Serikat. Dia menjelaskan bahwa dakwah tentang Islam harus disampaikan dengan kelembutan dan etika, mengingat orang Barat umumnya memiliki sensitivitas emosional yang tinggi.

Oleh karena itu, penyampaian ajaran Islam perlu dilakukan dengan senyuman dan pendekatan yang halus. Pendekatan dakwah yang keras tidak familiar dan kurang diterima oleh anak muda di Barat, khususnya di Amerika.

Previous Post UIN Alauddin Makassar Adakan Kuliah Umum, Hadirkan Imam Besar Masjid New York
Next Post Penarikan PPL-PTK BPI UIN Alauddin di Pinrang, Keaktifan Mahasiswa Diapresiasi