Gambar UIN Alauddin Buka Penerimaan Jalur UMK

UIN Alauddin Buka Penerimaan Jalur UMK

UIN Online -  Satu lagi jalur penerimaan mahasiswa baru (maba) dibuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar. Penerimaan maba tersebut adalah jalur penerimaan Ujian Masuk Khusus (UMK).

UMK merupakan jalur penerimaan khusus yang dibuka UIN Alauddin Makassar untuk memenuhi kouta pada beberapa prodi yang belum terpenuhi pada beberapa jalur penerimaan yang telah dibuka sebelumnya.

"Jalur ini dibuka untuk memenuhi kouta pada beberapa prodi yang belum terpenuhi pada penerimaan beberapa jalur yang telah dibuka sebelumnya. UIN Alauddin Makassar akan membuka satu penerimaan mahasiswa baru yaitu jalur UMK," kata Rektor UIN Alauddin Prof Dr HA Qadir Gassing HT MS pada rapat pengawasan UML beberapa waktu  lalu.

Jalur penerimaan ini dikatakan khusus karena jalur tersebut  tidak membatasi pendaftar yang memiliki ijazah tiga tahun terakhir (2009, 2010, dan 2011) tetapi, juga untuk semua alumni SMA atau sederjat yang ingin mengenyam pendidikan di PTN.

Kuota jalur khusus tersebut tidak dibatasi, bagi seluruh pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi akan dinyatakan sebagai mahasiswa baru UIN Alauddin Makassar21 Juli sampai 10 Agustus 2011 mendatang.

"Soal kuota belum ditentukan karena disesuaikan dengan jumlah kursi yang tidak terisi. Jadi baru ketahuan setelah semua penerimaan sebelumnya mendaftar ulang," kata Qadir.

Memang disayangkan jika banyak jumlah kursi tak terisi karena calon maba tidak mendaftar ulang. Apalagi sebagai PTN, UIN jelas mendapatkan subsidi dari pemerintah.(*)

Previous Post 5.612 Maba UIN Makassar Ikut PBAK di Masjid Agung Sultan Alauddin
Next Post Mahasiswa KKN UIN Alauddin Bangun Desa Berbasis Nilai Islami